Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lahan Pertanian Berkurang, DPRD Desak Gubernur Tegur Bupati Dan Walikota

 
22 Februari 2018

Lahan Pertanian Berkurang, DPRD Desak Gubernur Tegur Bupati Dan Walikota

Berkurangnya lahan pertanian di Jawa Timur berganti dengan lahan industry mengundang keprihatinan DPRD Jatim. Oleh sebab itu, DPRD Jatim minta Gubernur  agar menegur Bupati/Walikota di Jatim untuk tidak obral ijin pendirian industry.

“Sudah ada UU Perlindungan Pertanian dimana didalamnya daerah bisa disanksi oleh Pemerintah jika mengindahkan Perlindungan Lahan Pertanian. Kami minta Gubernur sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Pusat untuk memperhatikan ini,”ungkap Ketua Komisi B DPRD Jatim Ach. Firdaus Febrianto saat ditemui di kantornya, Kamis (22/2).

Politisi asal Partai Gerindra ini mengatakan pihaknya masih mentolerir jika ada lahan tandus untuk digunakan lahan industry. “Berdasarkan perda RTRW yang ada tentunya sudah ada pemetaan lahan-lahan pertanian dan lahan tandus yang layak untuk digunakan untuk industry,”sambungnya.

Pria asal Lamongan ini memberi contoh adanya rencana pembangunan pabrik kapal besar di daerah Magrove di Paciran Lamongan. “ Disana harus mengorbankan lahan mangrove untuk pabrik tersebut. Padahal fungsi dari kawasan Magrove tersebut adalah penahan ombak besar atau banjir disuatu wilayah. Pemda setempat telah mengeluarkan ijinnya dan hal ini sudah ditolak warga,”jelasnya.

Atas peristiwa tersebut, kata Firdaus, pihaknya berharap Gubernur Jatim turun tangan memberikan solusi untuk penyelesaiannya. “ Gubernur bisa mencarikan lahan alternatif tanpa harus mengorbankan semangat untuk mencari investasi. Bagaimanapun juga Jatim masih membutuhkan lahan pertanian sebagai salah satu Provinsi lumbung Pangan Nasional,”tutupnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved