Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Jokowi Keluarkan Perpres TKA, DPRD Jatim Ingatkan TKA Secara Massal Masuk Jatim

 
09 April 2018

Jokowi Keluarkan Perpres TKA, DPRD  Jatim Ingatkan TKA Secara Massal Masuk Jatim

DPRD  Jatim mewarning Pemprov Jatim atas membanjirnya TKA (Tenaga Kerja Asing) di Jawa Timur pasca keluarnya Perpres No. 20 Tahun 2018. Pasalnya, dengan masuknya TKA tersebut mengancam tenaga kerja local di Jawa Timur.

“Jangan sampai tenaga kerja asal Jawa Timurt kalah dengan TKA yang masuk di Jatim,”ungkap Anggota Fraksi Nasdem Hanura DPRD Jatim Gatot Sutantra saat ditemui di Surabaya, Senin (9/4).

Pria yang juga Politisi asal Partai Hanura ini mengatakan dengan adanya Perpres tersebut, tak ada seleksi untuk TKA yang akan masuk ke Indonesia, termasuk ke Jawa Timur.” Kami berharap nanti dibuat kebijakan khusus misalnya memaksimalkan perda TKA untuk menseleksi TKA yang akan masuk di Jawa Timur,”sambungnya.

Gatot mengatakan seharusnya TKA yang bisa masuk ke Indonesia adalah TKA yang memiliki kualitas bukan sebagai tenaga kasarnya. “Nantinya TKA yang memiliki keahlian bisa alih teknologi dan kemampuan kepada tenaga kerja local. Jangan tenaga kerja asing kasar juga ikut masuk. Kalau ikut juga masuk bisa-bisa tenaga kerja local kalah bersaing,”jelasnya.

Gatot menambahkan jika nantinya tenaga kerja lokal kasar kalah bersaing dengan tenaga kerja asing  kasar maka akan terjadi gelombang TKI untuk pergi keluar negeri. “ Jangan sampai ini terjadi justru pemerintah mengekspor tenaga kerja lokal disisi lain TKA secara massal ada di Indonesia,”tandasnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved