Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemprov Jatim Bangun Pabrik Gula Baru

 
04 April 2018

Pemprov Jatim Bangun Pabrik Gula Baru

Disaat sejumlah pabrik gula di Jatim terancam ditutup, Pemprov Jatim dalam waktu dekat akan membangun pabrik gula. Saat ini,Gubernur Jatim Soekarwo sedang mengadakan kunjungan ke negara India untuk melihat calon mesin produksi gula yang akan dibeli untuk realisasi pabrik tersebut.

"Mesin yang akan dibeli ini diperuntukkan untuk pabrik gula kecil yang mampu menampung area tebu mencapai 750 Ha dengan rendemen tebu 9 persen dan daya produksinya mencapai 100 ton,"ungkap Kepala Dinas Perkebunan Jatim Karyadi di Surabaya, Rabu (4/4).

Karyadi mengatakan nantinya pabrik gula tersebut akan dikelola oleh koperasi petani tebu. "Sekarang masih proses siapa saja yang akan mengelola koperasi tersebut,"sambungnya.

Soal lokasi yang tepat untuk pabrik tersebut, Karyadi mengaku saat ini masih dicari di daerah mana pabrik tersebut akan dibangun.

Sementara itu, terkait penutupan pabrik gula Watu Tulis, Karyadi mengaku pabrik tersebut ditutup karena lahan tebu untuk pemenuhan bahan baku pabrik gula tersebut berkurang.

"Watu Tulis ada di Sidoarjo dan lahan tebu di kawasan Sidoarjo tergerus oleh kawasan perumahan sehingga pabrik gula  tersebut terpaksa di tutup,"pungkasnya. 

Sementara itu, Gubernur Jatim mengakui jika pihaknya tetap bersikukuh umtuk mempertahankan enam pabrik gula yang direkomendasi oleh pusat. Mengingat untuk saat ini Jatim masih kekuangan produksi gula. "Karenanya kami berharap dari India ini ada solusi untuk memperbaiki produksi gula di Jatim. 

Terpisah, Ketua Komisi B DPRD Jatim, Ach. Firdaus Febrianto menegaskan sah-sah saja pembelian mesin untuk perusahaan tebu di India yang akan dikelolah oleh koperasi. Namun dengan catatan jangan sampai pendirian pabrik gula akan menimbulkan konflik horisontal antar petani tebu.

"Karena itu perlu sosialisasi kepada para petani tebu. Sepanjang pembelian mesin baru untuk memperbaiki pertebuan di Jatim terkait rendemen dan meningkatkan pendapatan petani tak ada masalah. Namun tetap hal ini disosialisasikan agar tidak ada konflik horisontal," tegasnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved