Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Apresiasi Dibuatnya Perda Pengaturan Tambang

 
24 Mei 2018

DPRD Apresiasi Dibuatnya Perda Pengaturan Tambang

Pasca peralihan kewenangan perizinan tambang galian C dari Kabupaten/Kota ke Pemprov, Komisi D DPRD Jatim menilai perlu segera ada perda yang mengatur secara rinci terkait pengaturannya.

“Di daerah pemilihan saya itu kan, dapil VI Kediri, Blitar dan Tulungagung banyak juga tambang galian C. Saya kira pemprov harus segera mengaturnya. Sebab, banyak juga yang menggantungkan perekonomiannya di sana," ujar Anggota Komisi D DPRD Jatim Basuki Babussalam, Kamis (24/5/2018). 

Sebenarnya, pihaknya selaku Anggota Komisi yang membidangi pembangunan terus membahasnya. Diharapkan segera selesai dan tidak berlarut-larut. Mengingat peralihan kewenangan ini sudah sudah terjadi sejak 2014. 

"Kalau tidak segera disahkan regulasinya, bisa  memicu galian liar yang berdampak terjadi pertikaian antara pemilik modal dengan rakyat yang hidup disekitar tambang,” jelasnya. 

Komisi D DPRD Jatim sudah mendorong Pemprov Jatim untuk segera menyelesaikan raperda tersebut. Namun, saat itu legislator terkendala akan landasan hukum diatasnya. Tidak adanya undang-undang atau peraturan pemerintah yang mengatur mengenai hal tersebut. Akhirnya diulur-ulur hingga tahun 2018. Padahal dengan mundurnya jadwal penyelesaian raperda soal izin galian C, maka yang dirugikan justru Pemprov Jatim.

Sementara itu, selain persoalan tambang, Basuki juga berkosentrasi pada penguatan desa. Menurutnya, harus ada peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama ditingkat desa. Maka dari itu, dirinya memiliki gagasan yang dinamakan Desa Hebat. 

Dengan membekali para Kepala Desa agar mampu mengatur dan mengurus pemerintahan Desa secara benar, inovatif, kreatif yang bisa membawa kemajuan Desa itu sendiri dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved