Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi D Optimis Kemacetan Bisa Teratasi Dengan Operasionalnya Tol Mapan

 
25 Mei 2018

Komisi D Optimis Kemacetan Bisa Teratasi Dengan Operasionalnya Tol Mapan

Komisi D DPRD Jatim optimis kemacetan yang ada selama ini ada mulai dikawasan Taman Dayu, Lawang dan Singosari bisa teratasi setelah beroperasinya tol Malang - Pandaan (Mapan) secara fungsional pada lebaran 2018 ini. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi D DPRD Jatim, Sugeng Pujianto di DPRD Jatim, Jumat (25/5).

"Kami menyambut baik pengoperasional tol tersebut, sehingga dengan adanya tol Mapan kami harap bisa teratasi kemacetannya terlebih saat mudik Lebaran nanti,"tegas Sugeng Pujianto Politisi asal Fraksi PDIP Jatim ini.

Sugeng yang juga Politisi asal Dapil V Malang Raya ini, juga berharap dengan adanya tol tersebut juga menjadi salah satu faktor penunjang peningkatan perekonomian di Jawa Timur terlebih untuk daerah sekitar tol tersebut.“Roda perekonomian bisa meningkat dan tentunya bisa menambah PAD bagi Jatim sendiri,”ujarnya.

Sementara itu Direktur Transmarga Jawa Timur, Agus Purnomo menyampaikan pembangunan tol Pandaan-Malang untuk seksi 1 dan 3 saat ini selesai 80 persen. Sehingga, para pemudik dan balik lebaran bisa memanfaatkan jalan bebas hambatan tersebut. “Pembangunannya sudah rampung 80 persen di seksi 1 dan 3. Makanya, tol Pandaan-Malang tahun ini bisa dilalui pemudik lebaran,” tegasnya.

Menurutnya, seksi 1 itu dimulai dari exit tol Pandaan menyambung sepanjang 3 kilometer sampai Girder Lemah Bang Sukorejo. Selanjutnya, kendaraan menuju jalan nasional melewati Purwosari dan Purwodadi, berlanjut di Lawang.

“Untuk Girder Lemah Bang Sukorejo itu nanti dipakai untuk exit (keluar) menuju jalan nasional atau jalan yang biasa digunakan untuk menuju ke Malang. Tapi, sampai di Lawang ada petunjuk belok kiri yang mengarah masuk ke dalam tol Pandaan-Malang seksi 3. Di seksi 3 ini, jaraknya lebih panjang yakni 12 kilometer. Nantinya, seksi 3 ini diarahkan keluar di Karanglo, Kabupaten Malang,” papar Agus

Seksi 1, akan membantu pemudik menghindari kemacetan di Taman Dayu, Kecamatan Pandaan. Sedangkan seksi 3, akan membantu pemudik menghindari kemacetan di Lawang dan Singosari. “Kami pastikan H-10, kontruksi bangunan jalan tol untuk seksi ini sudah diatas 80 persen. Karena kondisi jalan sudah dicor halus serta akan dipasang rambu-rambu darurat. Termasuk juga pembatas jalan untuk keselamatan,”ujarnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved