Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi Gerindra Pertanyakan Sejumlah Tambahan Pembiayaan di P-APBD

 
08 Agustus 2018

Fraksi Gerindra Pertanyakan Sejumlah Tambahan Pembiayaan di P-APBD

Fraksi Gerindra DPRD Jatim memberikan pandangan umum terhadap rancangan raperda perubahan APBD 2018. Sejumlah pertanyaan serta masukan diberikan kepada Eksekutif, sebelum menggedoknya menjadi Perda. 

Juru bicara Fraksi Gerindra DPRD Jatim Aufa Zhafiri mempertanyakan beberapa kebijakan Pemprov, terutama dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Salah satunya tentang cara melepas ketergantungan pada pajak kendaraan bermotor sebagai sumber PAD. Pemprov pada perubahan APBD 2018 berupaya melakukan penguatan sektor lain. Misalkan, pendapatan sektor pajak rokok, penyusaian target penerimaan restribusi daerah dan peningkatan target penerimaan dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. 

“Ketergantungan pada pajak kendaraan bermotor, bea balik nama dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor jelas kurang sehat. Tapi bagaimana upaya dan strategi yang sudah dilakukan,” ujar Aufa, Rabu (8/8). 

Kemudian, permasalahan yang juga menurut Fraksi Gerindra perlu dijelaskan lagi adalah sumbangan restrubusi daerah terhadap PAD yang masih kecil. Aufa mempertanyakan penyebabnya. Begitu pun kontribusi BUMD dalam meningkatkan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. “Banyak paket kebijakan untuk memperkuat, tapi hasilnya belum terlihat,” sebutnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved