Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Anggaran DKP Bertambah Rp 22 miliar, Dewan Minta Optimalisasi Pengelolaan hHsil Olahan

 
15 Agustus 2018

Anggaran DKP Bertambah Rp 22 miliar, Dewan Minta Optimalisasi Pengelolaan hHsil Olahan

Dalam PAPBD jatim 2018 terdapat penambahan anggaran untuk Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jatim sebesar Rp 22 miliar 820 juta, menyikapi penambahan itu Dewan meminta DKP Jatim mengoptimalkan pengelolaan hasil produksi untuk melahirkan UMKM-UMKM baru, dengan begitu mampu membuka lapangan pekerjaan.

Subianto mengatakan, penambahan anggaran di DKP jatim cukup besar, anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk meningkatkan penanganaan di hilir yakni pengelolaan hasil produksi baik budidaya maupun tangkap, dengan begitu para nelayan maupun petani budidaya ikan tidak menjual secara mentah hasil produksinya, tapi menjual hasil olahan, dengan begitu ada nilai lebih yang didapat.

“Selama ini hasil produksi dari budidaya ikan maupun hasil tangkap sudah sangat maksimal, tinggal pengelolaan hasil produksi yang harus dioptimalkan. DKP Jatim harus bisa merubah mindset para petani dan nelayan untuk tidak sekedar menjual hasil produksinya secara mentah, tapi juga dalam bentuk olahan. Untuk mendukung itu semua DKP harus memaksimalkan Pelatihan pengelolaan hasil produksi dan juga pengadaan peralatan,” pungkas Politisi dari Fraksi Demokrat ini.

Subianto mengatakan di tengah permasalahan Jatim yakni kemiskinan dan kesenjangan, sangat dibutuhkan program yang mampu melahirkan UMKM-UMKM baru untuk membuka lapangan pekerjaan. Untuk itu Komisi B mensetujui penambahan anggaran di DKP jatim agar bisa melahirkan UMKM pengelolaan ikan dan DKP jatim juga harus mengawal sampai dengan packaging hingga pemasaran produk, agar benar-benar bisa menghasilkan produk bermutu/berkualitas dan sesuai dengan keinginan pasar baik lokal maupun international

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved