Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Setujui SK Penetapan Tarif Dasar Listrik Di Kawasan JIIPE Gresik

 
12 September 2018

DPRD Jatim Setujui SK Penetapan Tarif Dasar Listrik Di Kawasan JIIPE Gresik

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur menyetujui Surat Keputusan (SK) terhadap penetapan tarif dasar listrik di kawasan industri Java Integrated Industrial and Ports Estate  (JIIPE)  Kabupaten Gresik Jawa Timur. 

Juru Bicara Fraksi Demokrat Jatim, Sri Subianti di DPRD Jatim, Rabu (12/9) mengatakan Fraksi Demokrat Jatim menyetujui surat Gubernur Jatim tentang penentuan dan penetapan tarif dasar listrik untuk proyek kawasan JIIPE di Gresik.

Lebih lanjut, dikatakannya penetapan tarif dasar listrik di kawasan JIIPE ini dilakukan sendiri oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) secara spesifikasi telah memenuhi syarat kreteria akademik, dengan menggandeng lembaga independen yaitu ITS Surabaya. 

"Adanya penetapan tarif dasar listrik di kawasan JIIPE, merupakan langkah penguatan kinerja pemerintahan provinsi Jatim bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di bawah kepemimpinan Gubernur Jatim,"ujarnya.

Sementara itu juru bicara Fraksi Nasdem Hanura, Ahmad Heri mengatakan pemakaian penentuan tarif dasar listrik hanya untuk kebutuhan kawasan indsutri di JIIPE mulai pelabuhan, Industri, dan Perumahan. Oleh karena itu pihaknya meminta agar penentuan tarif dasar listrik harus mempertimbangkan keseimbangan, baik kepentingan nasional, daerah, konsumen, dan pelaku usaha penyedian tenaga listrik.

Ia juga menyampaikan, bahwa penetapan tarif dasar listrik ini sudah berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah (PP) no 142 tahun 2015 tentang industri, dan juga PP 58 tahun 2017, bahwa PT BKMS - JIIPE ini telah masuk dalam proyek strategis Nasional (PSN). Dan juga surat dari pemerintah provinsi Jatim yaitu Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) no. P2T/1/15.14/01/XII/2016 oleh Kepala Penanaman Provinsi Jatim.

Terkait jumlah Tarif Dasar Listrik di kawasan JIIPE, ia mengatakan total dari BKMS yaitu Rp. 331,230,000. adapun rinciannya biaya beban 57.000.000, kemudian biaya pemakaian 274.230.000. "Untuk perbandingan biaya untuk  tarif dasar listrik industri ini lebih rendah dari listrik industri di Cikarang Jawa Barat,"ujar ahmad Heri yang juga anggota komisi D DPRD Jatim. 

Gubernur Jatim, Soekarwo mengatakan penentuan dan penetapan tarif dasar listrik ini sudah sesuai kajian Pemprov Jatim dan pihak industri JIIPE yaitu bahwa tarif dasar listrik di JIIPE ini lebih rendah dari tarif dasar listrik umum atau PLN. Maka itu sebelum diberlakukan tarif dasar listrik tersebut, pihak JIIPE melalui Gubernur Jatim meminta ijin kepada DPRD Jatim untuk penetapan persetujuan tarif dasar listrik di kawasan JIIPE tersebut.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved