Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Dukung Pemprov Perkuat Perdagangan UMKM Dalam Negeri

 
09 Oktober 2018

DPRD Jatim Dukung Pemprov Perkuat Perdagangan UMKM Dalam Negeri

Komisi B DPRD Jatim mendukung langkah Pemprov Jatim dalam upaya untuk memperkuat perdagangan dalam negeri dengan menggandeng marketplace nasional seperti bukalapak dan tokopedia untuk menyasar sektor UMKM.

“Upaya ini dilakukan karena pertumbuhan sektor UMKM Jatim sangat potensial dan terus meningkat,”ungkap anggota Komisi B DPRD Jatim Noer Soetjipto di Surabaya, Selasa (9/10).

Politisi asal Partai Gerindra ini mengatakan inovasi tersebut berbuah positif, berdasarkan data BPS, menunjukkan bahwa perdagangan antar provinsi Jatim meningkat. Tahun lalu, perdagangan antar provinsi Jatim mencapai surplus Rp. 164 triliun, pada semester I tahun ini sudah mencapai Rp. 101 triliun. Diperkirakan pada akhir 2018 mengalami surplus sebesar Rp. 210 triliun.

“Di posisi investasi naik sekitar 22 %, tahun lalu, investasi mencapai Rp. 154 triliun. Pada semester I tahun ini sudah mencapai Rp. 95 triliun, diperkirakan akhir tahun mencapai Rp. 190 sampai Rp. 200 triliun” katanya.

 Ditambahkan oleh Noer Soetjipto, berdasarkan data BPS juga, pada 2012 jumlah UMKM mencapai 6,8 juta, lalu pada 2016 jumlah UMKM Jatim meningkat menjadi 12,1 juta. Sehingga, kerjasama dengan marketplace dinilai potensial. Karena, potensi pengguna internet di Indonesia dinilai sangat baik, dimana saat ini sudah ada 150 juta pengguna internet, dan 106 juta pengguna media sosial.

 “Jadi peluang untuk memasarkan UMKM sangat besar, dari satu marketplace saja, yakni bukalapak, sudah ada 400.000 UMKM yang ikut, kemudian sudah ada 1 juta UMKM yang menyatakan siap masuk ke marketplace atau pasar digital ini. Dalam Jatim Fair kali ini juga disediakan tempat bagi UMKM yang ingin trial masuk ke marketplace” jelas pria asal Trenggalek ini

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved