Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD : Ikan Harus Dijadikan Pangan Alternatif Pengganti Daging Sapi

 
23 Oktober 2018

DPRD : Ikan Harus Dijadikan Pangan Alternatif Pengganti Daging Sapi

Pangan alternatif pengganti daging sapi akan menjadi kegiatan yang akan dilakukan sosok anak muda anggota DPRD Jatim Pranaya Yudha Mahardika, SP, M.I.B, dari Daerah Pemilihan IV, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

Pangan alternati pegganti daging sapi harus segera di sosialisasikan kepada masyarakat agar ketergantungan masyarakat akan daging sapi bisa dikurangi khususnya masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil) IV.

“Daging sapi sampai saat ini masih membuat pemerintah kesulitan dalam memenuhi stok daging sapi dipasaran, sehingga stabilisasi harga daging sapi menjadi sulit dilakukan oleh pemerintah sampai saat ini. Sehingga yang terjadi import untuk stabilkan harga,” ujar Pranaya Yudha.

Menurut Pranaya, memang stok sapi dijatim melimpah dan surplus. Namun, kebanyakan sapi sapi tersebut bukan sapi yang siap sembelih. Sapi sapi tersebut milik masyarakat yang akan dijual bila peternaknya membutuhkan uang. Sedangkan masyarakat setiap hari sangat membutuhkan daging sapi.

“ini hal dilematis yang muncul saat ini dalam pemenuhan daging sapi. Untuk itu selain memperbaiki tata kelola sapi untuk pemenuhan daging sapi, juga harus diiringi dengan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi daging sapi  dengan penciptaan pangan alternatif pengganti daging sapi,” jelasnya.

Untuk itu lanjut Anggota Komisi B DPRD Jatim ini, pihaknya melihat alterntif yang cocok pengganti daging sapi adalah sektor perikanan. Baik ikan air tawar maupun ikan air asin atau air laut. Ini bisa menjadi  bahan kebutuhan pengganti ketergantungan masyarakat akan daging sapi dengan mengkonsumsi ikan.

Kata  Pranaya, di dapilnya yang merupakan daerah pesisir yakni Situbondo dan Banyuwangi maka, diharapkan akan mudah dalam mengganti kebutuhan akan daging sapi dengan ikan yang banyak dihasilkan.

“Untuk itu saya perlu melakukan beberapa langkah dalam mewujudkan hal itu. Diantaranya peningkatan penangkaran ikan dikawasan tersebut.  Peningkatan alat tangkap ikan bagi nelayan disekitar Situbondo dan banyuwangi , serta pemetaan mana-mana nelayan yang siap untuk menjadi kelompok masyarakat pendukung pangan alternatif pengganti daging sapi,” katanya.

Sedangkan untuk masyarakat diluar pesisir pantai seperti Bondowoso, lanjutnya  maka perlu ditingkatkan secara masiv pembenihan budidaya ikan air tawar, untuk menjadi budidaya masyarakat dalam rangka mengganti ketergantungan masyarakat akan daging sapi.

“Dari keluhan masyarakat budidaya ikan air tawar di Bondowoso saat ini, banyak yang mengeluhkan sulitnya mencari benih ikan tawar.  Banyak mereka yang harus mencari benih cukup jauh keluar dari Bondowoso. Dan ini harus di pikirkan oleh Pemerintah Provinsi Jatim,” jelasnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved