Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Ketentraman, Ketertiban Umum Diharapkan Menambah Kewenangan Satpol PP Provinsi Jatim

 
03 Desember 2018

Raperda Ketentraman, Ketertiban Umum Diharapkan Menambah Kewenangan Satpol PP Provinsi Jatim

Komisi A Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur menyatakan bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), tentang Ketentraman, ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat menjadi Peraturan Daerah (Perda) diharapkan menambah kewenangan penuh tugas dari Satpol PP di Jatim.

Anggota Komisi A DPRD Jatim, dr. Benjamin Kristinto di DPRD Jatim, mengatakan adanya Perda tersebut Satpol PP Pemprov memiliki jangkauan luas dalam menjalankan kinerjanya.

"Dalam perda nanti Satpol PP di kabupaten/kota apabila melakukan sidak juga harus satu komando atau melaporkan ke satpol PP provinsi agar terlibat langsung. Pasalnya selama ini satpol PP di Kabupaten/Kota di Jawa Timur tidak melaporkan langsung ke Provinsi,"ujarnya.

Lebih lanjut Benjamin, dengan adanya kewenengan di Satpol PP ini pihaknya berharap Pemprov Jatim melakukan rekrutmen tenaga kerja khusus di satpol PP. Pasalnya institusi tersebut saat ini mengalami krisis pegawai. “Dari total yang ada, satpol PP Pemprov Jatim sendiri hanya 196 orang. Ironisnya lagi jumlah tersebut kalah banyak dengan Satpol ditingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur,” ungkapnya

Menurut Benjamin politisi asal Fraksi Gerindra ini,sangatlah wajar dengan jumlah 196 orang tersebut banyak perda yang dibuat belum bisa dilaksanakan secara maksimal. “Diakui kalau bisa saja pendelegasian lewat satpol PP kabupaten/kota. Namun, hal ini membuat ketergantungan dengan kabupaten/kota,” katanya .

Benjamin politisi asal Sidoarjo ini, lalu mencontohkan di DKI Jakarta pengelolaan manajemen satpol PP patut di contoh.” Mereka yang memimpin dalam melakukan pengamanan. Begitu juga ada anggarannya untuk pengelolaan satpol PP juga besar,” ujarnya.

Benjamin berharap Pemprov. Jatim segera menindaklanjuti kekurangan tenaga satpol PP tersebut.” Jangan sampai penegakan perda-perda yang ada tak bisa berjalan karena kekurangan tenaga satpol PP,”pungkasnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved