Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi Nasdem Hanura Nilai Pertumbuhan Ekonomi Bagian Penting Pembangunan Negara

 
26 Desember 2018

Fraksi Nasdem Hanura Nilai Pertumbuhan Ekonomi Bagian Penting Pembangunan Negara

Fraksi Partai Nasdem Hanura DPRD Jawa Timur menilai pertumbuhan ekonomi menjadi bagian penting dari pembangunan sebuah negara. Bahkan bisa menjadi salah satu indicator suatu Negara itu mampu secara financial atau sejahtera.

"Keberhasilan tidak akan terlihat tanpa adanya hasil riil berupa pertumbuhan dari sesuatu yang dibangun oleh pemerintah di bidang ekonomi, "ujar Juru Bicara Fraksi Nasdem Hanura DPRR Jatim, Gatot Sutantra saat memberi pemandangan umim Raperda Penanaman Modal, Rabu (26/12).

Gatot menegaskan, tanpa pertumbuhan ekonomi maka pembangunan suatu negara tidak akan berjalan. Dalam kondisi ini, pertumbuhan ditandai dengan masuknya dana kedalam system ekonomi suatu negara. Apalagi Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi pada 1998. 

"Kondisi tersebut bukan hanya merusak sistem ekonomi yang terbangun selama dekade sebelumnya tetapi juga aspek lain seperti politik, hukum, dan pemerintahan," paparnya.

Fraksi Nasdem  menyebut secara sederhana, Indonesia memerlukan dana dukunga finansial yang besar untuk bisa membangun kembali apa yang sudah hancur dan mempertahankan yang masih ada. 

Gatot mengaku membutuhkan investasi, baik yang berasal dari dalam ataupun luar negeri melalui penanaman modal untuk melakukan pembangunan yang berkeadilan, merata, dan berkesinambungan. Mengingat tanpa penanaman modal, tentu sebagai negara, terlalu berat melakukan pembangunan tanpa sinergi dengan kekuatan yang lain. Maka kehadiran swasta untuk melakukan penanaman modal adalah bagian salah satu jalan keluar.

Gatot menambahkan, salah satu peranan penaman modal, menciptakan pendapatan sebagai dampak permintaan dan memperbesar kapasitas produksiperekonomian dengan cara meningkatkan stok modal sebagai dampak penawaran. Artinya penanaman modal memiliki multi effect terhadap pertumbuhan ekonomi seperti peningkatan pendapatan masyarakat, penciptaan lapangan kerja,pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan produk domestik bruto serta pemberdayaan terhadap UMKMK.

Dalam konteks itu, maka Fraksi Nasdem Hanura sepakat bahwa kehadiraninvestasi melaui penanam modal baik dari dalam atau luar negeri secara signifikan mempu menggerakan pembangunan perekenomian sebuah negara atau daerah, seperti di Jawa Timur

Sejumlah proyek infrastruktur membutuhkan dukungan dana yang besar, bukan hanya infrastruktur ekonomi saja, tetapi juga infrastruktur bidang sosial dan kehidupan masyarakat. Peran serta dan dukungan non materill dibutuhkan, di semua level pemerintahan pusat dan daerah, serta di semua level masyarakat kota dan pedesaan

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved