Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Usulkan Pembahasan PAK Diajukan Awal Juni

 
12 Desember 2018

Usulkan Pembahasan PAK Diajukan Awal Juni

Dalam rapat paripurna RAPBD Jatim 2019, ada yang menarik oleh Gubernur Jatim, Sokarwo. Dimana ada problem konstitusi dengan Gubernur terpilih, Khofifah Indar Parawansyah. Dimana perempuan pertama di Jatim ini tidak dapat memasukan program kerjanya di APBD Jatim 2019.

Dijelaskan Ketua Fraksi Golkar Jatim, Sahat Tua Simandjuntak jika permasalahan tersebut dapat dimasukan saat pembahasan PAPBD 2019 atau PAK yang bisa dibahas pada bulan Juli 2019. Atau saat sudah dilaporkan terkait penggunaan anggaran APBD 2019, sehingga diketahui apakah ada program yang belum dilaksanakan atau terjadi Silpa.

"Yang pasti program Gubernur terpilih yang kebetulan didukung Partai Golkar dapat dimasukan saat pembahasan PAK atau setelah pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," tegas politisi Partai Golkar ini.

Ditambahkannya untuk pembahasan RPJMD usulannya dapat disampaikan dari gubernur terpilih (Khofifah Indar Parawansa) atau dari Fraksi-Fraksi di DPRD Jatim dengan cara jemput bola.

"Tapi yang pasti selama ini gubernur yang mengusulkan ke Dewan. Tapi hal ini bukan menjadi keputusan mengikat. Bisa saja Dewan melakukan jemput bola. Yang artinya dalam RPJMD 2019 yang usianya lima tahun semua program Pemprov Jatim demi kepentingan masyarakat Jatim," lanjutnya.

Terkait pembahasan PAK tidak harus disahkan pada 10 Nopember  tapi bisa maju, dengan catatan seluruh pembahasan masalah penggunaan anggaran sudah selesai hingga muncul Silpa.

Seperti dikerahui Gubernur Jatim, Soekarwo curhat atas kerisauan hatinys soal masalah konstitusi. Dimana APBD 2019 sudah berjalan, tapi pelantikan gubernur terpilih baru dilantik Pebruari 2019. Otomatis program kerja Khofifah yang disampaikan dalam pilgub Jatim untuk masyarat belum masuk ke APBD Jatim. Solusinya dengan pembahasan PAK secepatnya. Jika 10 Nopember menjadi pengesahan PAK itu hanyalah akan menjadi sebuah acara ritual

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved