Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Sejahterakan Masyarakat, DPRD Jatim Dorong Pendirian BUMDes Se Madura

 
11 Januari 2019

Sejahterakan Masyarakat, DPRD Jatim Dorong Pendirian BUMDes Se Madura

Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar berharap agar di setiap desa di Madura segera didirikan BUMDes. Pasalnya, keberadaannya bisa dianggap sebagai salah satu alat untuk mensejahterakan masyarakat pedesaan khususnya di daerah Madura.

“BUMDes sangat diperlukan sekali dalam menciptakan kesejahteraan di Madura. Hal inilah yang akan kami dorong agar seluruh desa di Madura sudah memiliki BUMDes,”ungkapnya di Surabaya, Jumat (11/1).

Politisi asal Partai Demokrat ini mengatakan BUMDes adalah pilar kesejahteraan bagi masyarakat, karena BUMDes tidak lain adalah usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput.” Dengan BUMDes, masyarakat desa, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa,”sambungnya.

Ditambahkan oleh mantan kepala biro AP (Administrasi Pembangunan) Pemprov Jatim, BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa, bila dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir.

“Peran dari hulu misalnya,  nantinya bisa berperan untuk membantu menyalurkan berbagai subsidi pemerintah, mulai dari subsidi pupuk, benih dan lainnya. Sedangkan di sektor hilir, BUMDes bisa jadi pengumpul hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat desa. Hal ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat Madura,”jelas pria asal Sumenep Madura ini

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved