Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pimpinan DPRD Jatim Berharap Khofifah Lakukan Percepatan Pembahasan dan Penetapan RPJMD

 
22 Januari 2019

Pimpinan DPRD Jatim Berharap Khofifah Lakukan Percepatan Pembahasan dan Penetapan RPJMD

Pimpinan DPRD Jatim menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapesiasi Gubernur Jatim Soekarwo yang sudah mengabdi untuk masyarakat Jatim selama 10 tahun dengan segala capaian yang sudah diraih dengan senantiasa memberikan ruang bagi kesempurnaan manusia.

"Kesempurnaan manusia itu terletak pada ketidaksempurnaannya," ujar Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar saat dikonfirmasi di kantor DPRD Jatim jalan Indrapura Surabaya, Selasa (22/1/2019).

Selain mengapresiasi kinerja Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo, pimpinan DPRD Jatim, lanjut Abdul Halim Iskandar juga mengucapkan selamat datang kepada Ibu Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jatim terpilih 2019-2024 untuk bersama-sama dengan DPRD Jatim melakukan ikhtiar-ikhtiar pembangunan dengan senantiasa berupaya untuk memperbaiki, menyempurnakan hal-hal yang sudah bagus.

"Dan tentu kita berharap Khofifah membuat terobosan-terobosan baru di Jatim supaya Jatim jauh lebih baik.

Ini harapan kita dan tentu kita juga sudah mengadakan pertemuan resmi dengan beliau beberapa waktu lalu yang pada intinya kita sudah ketemu pada visi-misi dan  berikhtiar paska pelantikan sebagai Gubernur Jatim mendatang," katanya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Halim juga disepakati akan ada percepatan pembahasan RPJMD karena tidak mengambil skecule maksimal tapi lebih cepat supaya bisa lebih cepat fokus memimpin Jatim.

"Harapannya, supaya Khofifah punya kesempatan lebih longgar untuk persiapan perubahan P-APBD 2019 sehingga apa yang sudah masuk visi misi beliau selama kampanye yang dituangkan dalam RPJMD sudah semakin banyak yang diakomodasi," jelas politisi asal Jombang.

Selain itu diharapkan, Khofifah juga memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan pembahasan APBD Jatim murni tahun 2020 sehingga visi misi beliau selama masa kampanye bisa dilaksanakan secara maksimal karena dukungan RPJMD yang sudah jadi. "Ini percepatan yang kita harapkan dalam penyusunan dan penetapan RPJMD Gubernur Jatim yang baru," tambah Gus Nanang sapaan akrab Abdul Halim Iskandar.

Kendati pihak Legislatif sudah memberi ruang yang longgar, sesuai dengan tahapan dalam peraturan perundang-undangan pihak eksekutif memamg harus lebih proaktif untuk melakukan percepatan.

"Walaupun sudah diberi ruang yang seluas-luasnya tapi kalau eksekutif tidak melakukan percepatan ya tidak akan bisa. Tapi kita sudah sepakat dan berharap ini untuk kepentIngan Jatim dan kepentingan kepemimpinan Khofifah sebagai Gubernur Jatim ada percepatan," imbuhnya.

Disinggung soal apa saja yang perlu dilakukan percepatan? Dengan lugas Halim menjelaskan bahwa nantinya ada tahapan Musrenbang dalam pembahasan penyusunan dan pembahasan APBD Jatim sehingga bisa kelihatan dan mana yang perlu dilakukan kristalisasi dan tidak.

"Hasil Musrenbang itu untuk dijadikan pokok pikiran yang disampaikan kepada DPRD Jatim. Persoalan yang perlu dilakukan akselerasi tentu banyak sekali karena setiap masa kepemimpinan akan memiliki persoalan yang berbeda-beda," pungkasnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved