Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Penanaman Modal Harus Datangkan Manfaat

 
08 Februari 2019

Penanaman Modal Harus Datangkan Manfaat

Pentingnya penanaman modal bagi pembangunan ekonomi di Jawa Timur menjadi usulan Komisi C untuk dibahas dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).  Komisi yang membidangi keuangan di DPRD Jatim mendorong agar Penanaman Modal bisa membawa manfaat bagi kepentingan dan kemaslahatan rakyat Jawa Timur.

Juru bicara Komici C DPRD Jatim, Khozanah Hidayati dalam Sidang Paripurna Laporan Pimpinan Komisi C bidang keuangan terhadap Raperda tentang Penanaman Modal mengatakan, 

Sembilan Fraksi Kawal Raperda Penanaman Modal menjadi bagian dari penyelenggaraan perekonomian nasional dan ditempatkan sebagai upaya  meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, serta mendorong pembangunan ekonomi kerakyatan.

"Investasi mempunyai peranan penting untuk mnegerakkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah," terang Khozanah Hidayati.

Politisi PKB ini menambahkan, karena penanaman modal atau investasi dapat mengerakkan aspek pembangunan lainnya. Seperti sumber modal, sumber teknologi, serta memperluas kesempatan kerja lainnya. Khozanah menambahkan, kewajiban Negara adalah melaksanakan pembangunan ekonomi nasional untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Seharusnya penanaman modal selayaknya selalu mendasari ekonomi kerakyatan yang melibatkan pengembangan bagi usaha kecil, mikro, menengah, dan koperasi. 

Untuk menarik investasi atau penanaman modal, ia berharap pemerintah lebih mampu menciptakan  iklim penanaman modal yang kondusif, memberi kepastian hukum, keadilan, dan efisien dan tetap memperhatikan kepentingan ekonomi nasional dalam menghadapi perubahan perekonomian global. “Raperda ini penting, karena menyangkut langkah pemerintah dalam mengambil prakarsa untuk mengatasi problem penanaman modal,” tandas dia.

Komisi C sebagai pengagas Raperda Penanaman Modal berharap DPRD  subtansi Raperda di Provinsi Jatim mampu membentuk dan  menciptakan iklim investasi yang lebih baik. “Tentunya harus bermanfaat bagi rakyat, sehingga tidak tergantung ekonomi nasional dari modal asing,” katanya. 

Materi muatan yang penting dalam Raperda Penanaman Modal adalah mengenai perijinan. Karena harus sesuai prinsip kemudahan berusaha. "Ini sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24/2018 tentang pelayanan perijina berusaha terintegrasi secara elektronik," terang dia.

Disampaikan Khozanah Hidayati,  penerima manfaat sejati dan sesungguhnya adalah rakyat," terang Salahudin

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved