Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

JLS Harus Segera Terealisasikan

 
21 Maret 2013

Suara Indrapura : Molornya penyelesaian Jalur Lintas Selatan (JLS) yang berfungsi untuk menekan disparitas wilayah khususnya di selatan Jatim, membuat politisi asal Partai Demokrat (PD) Jatim ini trenyuh. Padahal, waktu itu pemerintah pusat berjanji akan menyelesaikan JLS hingga akhir 2013. "Tapi kenyataannya yang terjadi dalam pembangunannya baru 20 persen. Hal ini diperparah lagi dengan minimnya anggaran yang dicairkan oleh pusat lewat APBN yang pada 2013 hanya sebesar Rp137 miliar dibanding kebutuhan total sebesar Rp7 triliun," tegas Nur Muhyidin.

Ditambahkannya, pembangunan proyek JLS mendesak segera dilakukan. Untuk itu, DPRD Jatim bersama Pemprov Jatim memiliki kewajiban untuk terus menerus mendorong pemerintah pusat segera menyelesaikan masalah ini. "Jujur anda akan mengelus dada saat melihat dari dekat kehidupan warga di Dapil VI (Kediri, Blitar dan Tulungagung). Dimana pembangunan disana sangat jauh tertinggal. Karena dengan penyelesaian JLS akan semakin dapat membantu perekonomian mereka yang rata-rata petani untuk menjual hasilnya ke kota tentunya dengan di dukung infrastruktur yang memadai," paparnya.

Lebih lanjut, pria yang juga Anggota Komisi E DPRD Jatim ini selama melakukan reses di masyarakat banyak menemukan kondisi fisik sekolah swasta khusus madrasah sangat memprihantinkan.  Mengingat selama ini mereka hanya mengandalkan sumber dana dari masyarakat sementara dukungan dari pemerintah cq Kementrian Agama (Kemenag) sangat kecil sekali. Untuk itu pemerintah baik daerah maupun provinsi seharusnya memberikan prioritas dan perhatian serius kepada madrasah. Mulai dari Aliyah ,MI hingga Tsanawiyah yang memang selama ini keberadaannya cukup banyak di Jatim.

"Perhatian tersebut terutama pada kondisi pembangunan fisik serta sarana dan prasarana yang lain yang memang kondisinya sangat memprihatinkan. Termasuk honor para guru yang sangat jauh dari mencukupi. Namun semangat mereka sangat besar untuk mendidik. Untuk itu, saya berharap pemerintah memperhatikan dua poin ini agar sistim pendidikan di Indonesia, khususnya Jatim berhasil," tegasnya serius. (Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved