Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Mendorong Realisasi Wisata Garam Di Madura

 
11 April 2019

DPRD Jatim Mendorong Realisasi Wisata Garam Di Madura

Dewan Perwakilan mendorong dan mendukung adanya gagasan dan realisasi wisata garam di Madura. Sebab hal itu bisa menjadi pengungkit ekonomi masyarakat Madura.

“Ini sebuah terobosan yang patut diapresiasi dan dikawal penuh, karena diyakini dampaknya bisa meningkatkan kesejahteraan petani garam khususnya dan masyarakat Madura pada umumnya,”ujar Wakil Ketua DPRD Jatim, Achmad Iskandar ditemui di DPRD Jatim, Kamis (11/4).

Bahkan, pihaknya meminta adanya keterlibatan Perguruan Tinggi di Madura yaitu Universitas Trunoyo Madura (UTM) untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Garam di Madura menjadi perhatian khusus dari pimpinan DPRD Jatim.

“Kami sangat senang dan siap memback up penuh pihak UTM yang akan menginisiasi pembangunan KEK garam di Madura. Jelas sekali ini kami harapkan untuk mengentas kemiskinan disana, "paparnya Achmad Iskandar Politisi asal Fraksi Demokrat ini.

Pria asal Sumenep ini, berharap KEK garam tersebut terwujud, bisa menghasilkan kualitas garam yang unggul sehingga pemerintah tak lagi melakukan impor garam.” Kualitas garam Madura itu bagus sehingga dengan KEK dengan didukung peralatan modern diharapkan bisa bersaing dengan garam import,”tegasnya.

Sementara itu Himpunan Masyarakat Petambak Garam (HMPG) Jawa Timur mendorong realisasi destinasi wisata garam di Pulau Madura. Alasannya, untuk memperkuat icon Madura sebagai pulau garam.

"Kami sudah usulkan ke Pemprov Jatim untuk realisasi wisata garam melalui Dinas Perikanan dan Kelautan. Kami berharap ini segera terealisasi agar bisa mensejahterakan masyarakat Madura dan menunjang rintisan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) garam yang sedang dirintis UTM (Universitas Trunojoyo Madura),” ujar ketua HMPG Jatim Mohammad Hasan.

Menurut Hasan, wisata garam tersebut nantinya berisikan beberapa pengetahuan tentang garam. ”Disana nantinya ada museum garam, kolam garam hingga memberikan edukasi tentang garam yang ada di Madura,” jelasnya.

Tak hanya itu, sambung Mohammad Hasan, dari pengembangan wisata garam tersebut diharapkan bisa berdiri juga institute garam dan SMK garam di Pulau Madura. ”Jika ini terealisasi maka bisa dikatan Pemprov sangat serius untuk membantu petambak garam di Madura terutama dalam mengelola industri garam mulai hulu hingga hilir,” bebernya.

Di singgung soal lokasi wisata garam tersebut, Mohammad Hasan mengaku bisa di kabupaten mana saja yang ada di Pulau Madura. ”Bisa di Sumenep atau di Pamekasan. Terserah dimana saja dan nanti dampaknya bisa merata ke empat kabupaten se Madura,” harapnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved