Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Muhammad Bin Muafi Zaini, Juru Bicara PU Fraksi

 
24 April 2019

. Muhammad Bin Muafi Zaini, Juru Bicara PU Fraksi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur melaksanakan, Sidang paripurna DPRD Jatim dalam agenda sidang paripurna Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi , terhadap Raperda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2019-2050.

Politisi asal Frakasi Partai Golkar ini mengatakan, “perlu disampaikan gambaran umum tentang kondisi energi saat ini dan kedepan, keberadaan lifling minyak bumi di tahun 2018, tercatat hanya sebesar 0,778 juta barel perhari, (REUN) Rencana Umum Energi Nasional memberikan sinyal bahwa Indonesia memerlukan 77 persen pada tahun 2025, meningkat menjadi 87 persen pada tahun 2050 dan pada saat yang sama, mengalami defisit gas bumi sebesar 37 persen pada tahun 2025, dan meningkat menjadi 78 persen pada tahun 2050. Keadaan demikian, sesudah memperhitungkan tambahan produksi hasil eksplorasi dalam negeri.” Paparnya

Selain itu dirinya menambahkan, dari gambaran tersebut setelah dicermati raperda yang diajukan Eksekutif dapat disimpulkan bahwa, pertama adanya perkiraan bahwa untuk jangka panjang, Indonesia akan menhadapi krisis energi yang serius, kedua adanya potensi energi, terbarukan di Provinsi Jawa Timur dalam jumlah besar namun belum dikelola, ketiga adanya kelebihan pasokan listrik saat ini untuk Jawa-Bali sebesar 7.480 MW, diperkirakan bertambah menjadi 12.500 MW (Mega Watt) pada tahun 2027-2028.

Pada perkembangannya kita mengikuti langkah pemerintah yang masih masif, untuk pemenuhan 35.000 MW untuk kebutuhan listrik nasional sekarang ini dengan melibatkan swasta.

Sementara itu, ia juga mengajak pada masyarakat Jawa Timur harus menyadari energi adalah sektor yang amat vital, karenanya harus dikelola secara provesional. Tidak ada satupun negara di dunia, yang bisa maju tanpa ketersediaan energi yang cukup

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved