Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Rencana Umum Energi Daerah, Sembilan Fraksi Sampaikan Pandangan Umum

 
22 April 2019

Raperda Rencana Umum Energi Daerah, Sembilan Fraksi Sampaikan Pandangan Umum

Sembilan Fraksi di DPRD Prov. Jatim menyampaikan Pemandangan Umum terhadap Raperda tentang Rencana umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2019 – 2050 dalam rapat paripurna, Senin (22/4).

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Nomor 3 Tahun 2007 tentang Energi dalam ketentuan Pasal 17 dan Pasal 18 serta Perpres No. 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Dua peraturan Perundang-undangan tersebut menjdai dasar dan rujukan yuridis bagi Pemerintah Provinsi Jatim untuk menyusun Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (RUED-P) dalam bentuk Peraturan Dearah (Perda).

Dr. H.M. Soenarjo, Wakil Ketua DPRD menyampaikan bahwa keberlangsungan hidup masyarakat membutuhkan energi, pembangunan Jatim, terutama pembangunan industri, perdagangan, dan transportasi membutuhkan ketersediaan energi yang cukup. Mengingat energi menjadi komponen terpenting dan strategis dalam pembangunan  untuk kesejahteraan masyarakat. Sementara itu pada saat yang sama jatim memiliki potensi dan sumber-sumber energi fosil maupun non fosil atau terbarukan yang besar.

“Pengeloaan energi harus dilaksanakan secara berkeadilan, berkelanjutan, rasional serta optimal dan terpadu. Agar pembangunan sektor energi dapat disuatu daerah dapat berjalan dengan baik”,  ujar Soenarjo. Raperda RUED ini nantinya akan akan dijadikan sebagai pedoman bagi pemerintah provinsi dalam melakukan perencanaan dan pembangunan di sektor energi daerah.

“Dalam penyusunan raperda ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, termasuk memaksimalkan pemanfaatan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ada di Jawa Timur”, pungkasnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved