Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

NasDem Meroket, PPP Bertahan, PAN, PKS dan Hanura Melorot - Nasib partai menengah di DPRD Jatim

 
14 Mei 2019

NasDem Meroket, PPP Bertahan, PAN, PKS dan Hanura Melorot - Nasib Partai Menengah di DPRD Jatim

Partai menengah ke bawah di DPRD Jatim yang dihuni 5 Parpol meliputi PAN, PKS, PPP, NasDem dan Hanura, paska Pemilu 2019 nasibnya ada yang beruntung karena perolehan kursinya bertambah dan sebagian besar justru kurang beruntung karena kursinya turun drastis. 

Partai NasDem seperti sudah diprediksi banyak kalangan pada pemilu 2019 perolehan suara dan kursinya bakal naik. Kalau di pemilu 2014, hanya dapat 4 kursi DPRD Jatim, sekarang naik 100 persen lebih menjadi 9 kursi DPRD Jatim. 

"Alhamdulillah kursi DPRD Jatim Partai NasDem naik menjadi 9 kursi. Bahkan kami berjuang  menempuh jalur MK supaya tambah 1 kursi lagi dari dapil 4 Jatim, " ujar Aminurroham Sekretaris DPW NasDem Jatim didampingi Moh Ashari caleg DPRD Jatim dapil 14 Madura yang berpeluang terpilih, Senin (13/5/2019).

Sementara PPP,  tergolong cukup beruntung meskipun dapat tsunami politik tapi masih bisa pertahankan 5 kursi DPRD Jatim. Kelima caleg berpeluang jadi yakni Mahdi (Dapil 3), Zeiniye (Dapil 4), H Rofik (Dapil 5), Ahmad Silahuddin (Dapil 10), dan H Musyaffa' Noer (Dapil 14).

"Peringkat Parpol di DPRD Jatim juga masih bertahan di urutan ke 8 sama seperti hasil pemilu 2014 lalu, " ujar Ketua DPW PPP Jatim H Musyaffa' Noer. 

Sementara untuk perolehan kursi DPR RI, lanjut ketua FPPP DPRD Jatim perolehan suara dan kursi PPP berkurang 1 kursi dari yang semula dapat 4 kursi menjadi 3 kursi. 

"Dapil Jatim II dan Dapil Jatim X tidak dapat mempertahankan perolehan suara pada Pemilu 2019. Tapi PPP meraih 1 kursi baru di Dapil Jatim VIII," tambah Musyaffa' Noer.

Nasib sebaliknya justru dialami PAN, dari yang semula mendapat 7 kursi DPRD Jatim, kini tinggal 6 kursi karena di Dapil 9 Jatim gagal mempertahankan kursi. 

Begitu juga PKS yang semula mendapat 6 kursi DPRD Jatim, kini tinggal 4 kursi. Kemudian Hanura yang semula mendapat 2 kursi kini tinggal 1 kursi yang diperoleh dari Dapil 7 Jatim atas nama Bambang Rianto. 

Satu-satu partai pendatang baru di DPRD Jatim periode 2019-2024 adalah PBB. Partai besutan Yusril Ihya Mahendra itu mendapat 1 kursi DPRD Jatim dari Dapil XIV Madura atas nama Mathur Chusairi. 

Secara berurutan peringkat parpol di DPRD Jatim periode 2019-2024 adalah sebagai berikut: PDI Perjuangan 27 kursi dari semula  19 kursi. PKB 25 kursi dari semula  20 kursi. Kemudian Gerindra 15 kursi dari sebelumnya 13 kursi,   Demokrat 14 kursi dari sebelumnya hanya 13 kursi pada pemilu 2014.

Posisi kelima, diraih Partai Golkar dengan 13 kursi dari sebelumnya 11 kursi. Kemudian Partai dapat NasDem 9 kursi dari semula 4 kursi. Lalu PAN dengan 6 kursi dari semula 7 kursi. PPP dapat 5 kursi atau tetap 5 kursi pada pemilu sebelumnya. 

Selanjutnya PKS dengan 4 kursi dari sebelumnya dapat 6 kursi. Partai Hanura 1 kursi dari sebelumnya dapat 2 kursi, dan terakhir PBB mendapat 1 kursi dari sebelumnya tidak dapat kursi di DPRD Jatim

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved