Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perencanaan Pembangunan Harus Sinkronisasi Dengan Perencanaan Pembangunan Nasional

 
27 Mei 2019

Perencanaan Pembangunan Harus Sinkronisasi Dengan Perencanaan Pembangunan Nasional

Fraksi Nasdem Hanura DPRD Jawa Timur berharap agar dalam pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) memperhatikan perencanaan Pembangunan yang sinkronisasi, koordinasi dan integrasi dengan perencanaan pembangunan nasional. Mengingat capaian tujuan pembangunan daerah harus bersifat mendukung pencapaian tujuan pembangunan secara nasional. 

Juru bicara Fraksi Nasdem Hanura DPRD Jatim, Achmad Heri mengatakan, perencanaan Pembangunan Daerah menurut PP 8 Tahun 2008 adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya. Hal ini bertujuan untuk pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah/daerah dalam jangka waktu tertentu.

"Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang dilakukan dengan tetap mendasarkan pada data dan informasi yang akurat, valid dan akuntabel dengan tetap mempertimbangkan sumber daya dan potensi yang dimiliki," ujar Heri, saat membacakan pemandangan atas Raperda RPJMD, Senin (27/5). 

Heri menegaskan, dalam proses menyusun perencanaan tentunya dilakukan dengan terlebih dahulu mengkaji indikator-indikator perkembangan di daerah diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan dan beberapa indikator lainnya terutama kondisi keuangan daerah. 

"Perencanaan pembangunan harus berpedoman pada Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional," tuturnya.

Dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 sudah tegas mengamanatkan bahwa Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat Pusat dan Daerah. 

Dalam rangka mencapai Visi tersebut, maka Kami merumuskan empat misi yaitu, pertama, mewujudkan Keseimbangan Pembangunan Ekonomi, Baik antar Kelompok, antar Sektor dan Keterhubungan Wilayah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi yang didukung Konektivitas Antar Wilayah.

Guna mengukur keberhasilan misi tersebut, digunakan indikator Pertumbuhan Ekonomi dengan kondisi awal tahun 2018 sebesar 5,50 persen dan target pada 2024 sebesar 5,72-5,76 persen, dan Indeks Ketimpangan Wilayah (Indeks Theil) dengan kondisi awal tahun 2018 sebesar 0,5500 dan target pada 2024 sebesar 0,3100-0,3000. 

Kedua, terciptanya kesejahteraan yang berkeadilan sosial, pemenuhan kebutuhan dasar terutama kesehatan dan pendidikan, penyediaan lapangan kerja dengan memperhatikan Kelompok Rentan. 

"Ketiga, tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif, terbuka, partisipatoris memperkuat demokrasi kewargaan untuk menghadirkan ruang sosial yang menghargai prinsip Kebhinekaan," paparnya.

Sementara yang terakhir yakni melaksanakan pembangunan berdasarkan semangat gotong royong, berwawasan lingkungan untuk menjamin keselarasan ruang ekologi, ruang sosial, ruang ekonomi dan ruang Budaya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved