Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PKB : Berharap Mampu Kurangi Kesenjangan

 
27 Mei 2019

Fraksi PKB : Berharap Mampu Kurangi Kesenjangan

Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Timur dalam penyampaian Pemandangan Umum (PU) mengharapkan dapat mengakomodasi Kesejahteraan Sosial dalam RPJMD Prov. Jatim Tahun 2019 – 2024.  Salah satunya pemantapan unsur-unsur Kesejahteraan masyarakat Jawa Timur, utamanya kemiskinan.

Sejak tahun pertama harus dapat dilakukan percepatan terhadap penanganan permasalahan kemiskinan hingga single digit dan secara bertahap mampu mengurangi kesenjangan jumlah penduduk miskin antar daerah pusat pertumbuhan dengan daerah yang jauh dari pusat pertumbuhan.

“Secara umum, kasus kemiskinan di Jawa Timur lebih banyak disebabkan oleh faktor struktural,karena disebabkan oleh perbedaan akses antar masyarakat untuk mengembangkan ekonominya”, Jelas Abdul Rahman, (27/5).

Hal ini tali temali dengan faktor pemerataan infrastruktur, pemerataan akses kebijakan dan informasi serta keberpihakan program pembangunan Jawa Timur yang belum merata terhadap kelompok miskin. Terkait dengan hal tersebut, maka RPJMD harus mampu diidentifikasi peta kemiskinan berdasarkan faktor penyebab dan berbasis spasial, sehingga berbagai program kemiskinan akan tepat sasaran dan efektif.

“Kebijakan penguatan kesejahteraan ekonomi dan sosial multilevel, bagi pengangguran unskilled di pedesaan  diberdayakan program padat karya dan penigkatan lifeskill”, pungkas Abdul Rahman.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved