Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Berharap Perubahan PDAB Menjadi PT. Perseroda Dapat Tingkatkan PAD APBD Jatim

 
20 Juni 2019

DPRD Berharap Perubahan PDAB Menjadi PT. Perseroda Dapat Tingkatkan PAD APBD Jatim

Fraksi - Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur berharap perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) menjadi Perseroda, akhirnya dapat mendorong peningkatan setoran atau pendapatan Akhir Daerah (PAD) diveden PDAB kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daearah (APBD) Provinsi Jawa Timur.

"Tidak hanya itu, adanya Raperda ini juga memperkuat payung hukum bagi perseroda PDAB tersebut. Dan kinerjanya dapat lebih optimal,"ujar Juru Bicara Fraksi Demokrat Jatim, Hartoyo di Nota Penjelasan Pandangan PU fraksi terhadap Raperda perubahan PDAB menjadi Perseroda di DPRD Jatim, Kamis (20/6).

Lebih lanjut, Fraksi Demokrat menilai bahwa Perubahan Raperda perseroda tetap berpijak kepada hukum raperda secara faktual memperhatikan realitas yang terjadi Raperda ini harus dapat menjadi instrumen hukum untuk sumber daya air di Jawa Timur.

"Diamanatkan secara yuridis bahwa sumber daya air bersih harus dikelola secara menyeluruh, terpadu, dan berwawasan lingkungan hidup dengan tujuan mewujudkan kemanfaatan sumber daya air yang berkelanjutan bagi kesejahtraan rakyat sesuai program Jatim Harmoni,"harapnya.

PU Fraksi ini Fraksi Demkorat Jatim, juga minta penjelasan gubernur Jatim terkait langkah dan upaya apa saja yang dipersiapkan oleh provinsi Jatim dalam konstalasi iklim global atau pemanasan Global terhadap ketersedian air bersih atau air minum tetap terjamin bagi seluruh warga di Jatwa Timur.

"Secara keseluruan struktur, dan Materi muatan perda ini sudah memadai dan perlu dikawal baik melalui sarana keilmuan yang baik, sehingga perda yang dihasilkan adalah perda mempunyai standar good norms, dan good process,"tegas Hartoyo yang juga Ketua Komisi E DPRD Jatim ini

Sementara itu Juru Fraksi PDIP Jatim,  Gatot Supriyadi mengatakan dengan dibahasnya perubahan Raperda PDAB menjadi Perseroda ini diharapkan meningkatkan kontribusi bagi ekonomi dan Dividen pada APBD Jatim. Bahkan perubahan ini merupakan jalan untuk mewujudkan ekonomi berdikari yaitu ekonomi yang bertumpu pada kekuatan bangsa sendiri, melalui penguatan BUMD.

Lebih lanjut, Fraksi PDIP mengapresiasi positif perubahan Perseroda ini merupakan adanya upaya pemprov Jatim dalam mengoptimalisasi kinerja dari PDAB. Namun ada catatan dan masukan dari fraksi PDIP Jatim yaitu pertama terkait persiapan PDAB menjadi Perseroda mulai personalia atau SDM, Asset dan sistem operasional.

Kemudian Kedua, bagaimana prospek PT. Perseroda dalam peningkatan Pendapatan Akhir Daerah (PAD) Provinsi pada berikutnya setelah perubahan hukum ini. mengingat pada 2018 ini PDAB telah membukukan laba sebesar Rp. 4,12 M lebih.

Ia menambahkan,  selain perubahan bentuk hukum diharapkan juga mempermudah PDAB dalam melakukan kerjasama dengan pihak swasta atau pemerintah. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved