Berita
Ketua Komisi E DPRD Jatim, Wara Sundari Renny Pramana
Berita Dewan

DPRD Jatim: Aturan Baru Seragam Sekolah Jangan Memberatkan Keluarga!

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makariem resmi menetapkan aturan baru mengenai penerapan jenis-jenis seragam sekolah.

Lutfiyu Handi Sabtu, 13 April 2024

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makariem resmi menetapkan aturan baru mengenai penerapan jenis-jenis seragam sekolah.

Dikutip dari Permendikbud No. 50 Tahun 2022, seragam sekolah yang harus digunakan peserta didik dari tingkatan SD hingga SMA, antara lain seragam nasional, seragam Pramuka, seragam khas sekolah, dan pakaian adat.

Aturan ketetapan seragam sekolah yang tertuang dalam Permendikbud berlaku secara nasional termasuk di Jawa Timur. Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi E DPRD Jatim, Wara Sundari Renny Pramana menyatakan bahwa secara prinsip dirinya mendukung penerapan Permendikbud tersebut.

“Kita secara prinsip mendukung Permendikbud tersebut, namun jangan sampai aturan tersebut justru memberatkan siswa dan orangtua dalam penerapannya,” ujar Renny, Sabtu (13/4/2024).

Untuk itu, Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut mendorong adanya pembenahan dalam sistem pengadaan seragam sekolah agar tidak menimbulkan kisruh atau polemik dalam pelaksanaannya.

“Perlu adanya koordinasi yang baik antara komite sekolah, siswa, dan orangtua perihal penyesuaian aturan seragam sekolah ini agar penggunaan seragam bisa variatif dan tidak ada yang merasa diberatkan,” paparnya.

Dirinya menambahkan, seragam sekolah ini sangat penting keberadaannya bagi peserta didik sehingga perlu adanya penyesuaian. “Saya pertegas bahwa seragam sekolah ini adalah identitas siswa sekaligus sebagai kontrol terhadap siswa, jangan sampai penerapan seragam nantinya tidak jelas dan hanya itu itu saja,” pungkas Renny.