single
Akhir Tahun 2021, Harga Bahan Pokok Di Malang Raya Alami Kenaikan

Jelang tutup tahun 2021, sejumlah komoditi kebutuhan bahan pokok di Malang Raya mengalami kenaikan harga. Dari catatan yang ditemukan di lapangan, Beberapa komoditas seperti cabai rawit, bawang putih hingga bawang merah mengalami kenaikan. Tak hanya itu, untuk telur ayam juga mengalami kenaikan.

"Harga bawang putih sekarang Rp25 ribu per kilo sebelumnya itu Rp22 ribu per kilo kalau bawang merah sekarang Rp30 ribu per kilo sebelumnya Rp24 ribu per kilo,”kata anggota Komisi B DPRD Jatim Agusdono Wibawanto saat dikonfirmasi, Kamis (30/12/2021).

Politisi asal Partai Demokrat ini mengatakan untuk menjaga agar kondisi pasar tetap kondusif dan mencegah adanya aksi borong, pihaknya mendorong Disperindag Jatim melakukan aksi operasi pasar di Malang Raya.

“Meski saat ini kenaikan masih dinilai wajar, saya berharap ada operasi pasar agar harga bisa kembali normal,”jelas pria asli Malang ini.

Pria yang bergelar doctor ini mengatakan ada beberapa factor yang menyebabkan beberapa komoditi bahan pokok mengalami kenaikan antara lain factor cuaca. “ Semua tahu saat ini kondisi cuaca sedang ekstrem di Jatim sehingga mempengaruhi komoditi-komiditi kebutuhan bahan pokok,”jelasnya.

Pria yang akrab dengan wartawan ini menambahkan pihaknya yakin kenaikan harga untuk kebutuhan bahan pokok di Malang Raya tak lama, hanya sekitar pada akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 nanti.

“Ini sudah urusan klasik dan sudah menjadi fenomena rutin pada hari-hari tertentu adanya kenaikan bahan pokok tersebut,”jelasnya.