single
Anggota DPRD Jatim Nur Fitriana: Tanaman Obat Tradisional Bangkitkan Perekonomian

Reses di Sumenep, Madura Rabu (5/5/2021), Anggota DPRD Jatim, Nur Fitriana menyampaikan kepada para masyarakat yang hadir soal tanaman obat yang mampu membangkitkan perekonomian di Madura.

"Ya kami sampaikan juga kalau perlindungan obat tradisional manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas, paling tidak obat-obatan tradisional ini bisa bersanding dengan obat-obatan yang ada," ungkapnya, Kamis (6/5/2021) sore.

Fitriana menyampaikan bahwa rata-rata masyarakat di Kabupaten Sumenep dengan usia lanjut biasanya mengonsumsi obat tradisional ketika sakit.  Bahkan bukan hanya di Sumenep, mayoritas masyarakat Madura, juga mengonsumsi obat tradisional.

Kata Fitriana, DPRD Jatim telah membuat Perda tentang perlindungan obat tradisional. Dimana melalui Perda tersebut Pemprov Jatim lebih bisa  memanfaatkan obat tradisional khsusnya hasil dari tanaman obat masyarakat di Madura.

Apalagi dengan adanya Fitofarmaka atau obat bahan alam yang telah teruji. Dengan adanya Fitofarma maka diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Madura.

"Adanya fitofarmaka dan obat yang sudah teruji diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengambil bahannya dari masyarakat," ungkap anggota Komisi E DPRD Jatim itu.

Dalam reses tersebut, masyarakt Sumenep juga menyampaikan tentang rencana pembungunan rumah sakit dan universitas. "Tapi sebenarnya itu sudah diajukan Fraksi PKB tinggal kami akan bantu follow up-nya lagi," tutur Fitriana.

Ia juga menyampaikan kepada masyarakat terkait progres apa saja yang sudah ia lakukan di DPRD Jatim selama satu setengah tahun ini. Dalam reses tersebut, masyarakat juga meminta bantuan sarana prasana. Namun kata Fitriana pihaknya memeberi pemahaman kepada masyarakat tentang hambatan yang dihadapi selama ini, khususnya dengan adanya Covid-19.

"Mereka tanya kenapa ini beda, tidak seperti sebelumnya. Tahun 2020 kita menghadapi Corona jadi kita berikan pengertian sehingga masyarakat dab tokoh yang hadir baik itu dari NU membantu masyarakat ini tetap menjaga Prokes agar ekonomi segera pulih," tandas Politisi PKB itu.

Dalam giat reses tersebut selaian anggota DPRD Jatim ini menyerap aspirasi dari masyarakat, Nur Fitriana juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu.