single
Anwar Sadad Siap Meramaikan Bursa Pilgub Jatim 2024
Kendati kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur baru akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Namun sejumlah partai politik yang memiliki kursi legislatif sudah mulai menyiapkan kader terbaik yang mereka miliki untuk dicalonkan sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur Jawa Timur periode 2024-2029. 
 
Di antara parpol yang sudah menyiapkan kandidat maju di Pilgub Jatim 2024 adalah Partai Gerindra. Bahkan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad MAg mengaku kalau partai yang didirikan oleh Prabowo Subianto sudah kompak untuk mengusulkan kader Gerindra Jatim maju sebagai calon gubernur Jatim mendatang. 
 
"Kalau seorang ketua partai di tingkat provinsi terus dia nggak mau jadi calon kepala daerah (gubernur), ya ngapain jadi ketua partai. Ini adalah konsekwensi politik dan harus siap," kata Anwar Sadad saat mengikuti diskusi refleksi akhir tahun 2021, partai gerindra menuju kemenangan pemilu 2024 yang digelar salah satu stasiun televisi lokal di Surabaya, Kamis (30/12/2021) 
 
Lebih jauh wakil ketua DPRD Jatim itu menjelaskan bahwa Partai Gerindra bukan hanya menyiapkan kader terbaiknya untuk menghadapi pemilu 2024, tetapi juga menyiapkan calon-calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2024 mendatang. 
 
"Partai Gerindra Jatim memiliki modal politik yang cukup besar di Jatim karena menjadi pemenang ketiga di Jatim dan nomor dua di tingkat nasional dalam perolehan suara pemilu 2019, sehingga berpeluang besar memanangkan kontestasi Pilkada serentak di tahun 2024," terang Gus Sadad sapaan akrabnya.
 
Pertimbangan lainnya, dari 205 kursi legislatif di tingkat kabupaten/kota yang dimiliki Partai Gerindra Jatim, rata-rata yang duduk menjadi anggota DPRD itu juga dari kalangan anak muda dan fresh. 
 
"Tahun 2024 mendatang itu jumlah pemilih dari kalangan anak muda akan mendominasi, sehingga kalau partai Gerindra mengusung anak muda sebagai caleg maupun calon kepala daerah tentu peluang menang-nya juga akan semakin besar," dalih pria yang juga keluarga besar Ponpes Sidogiri Pasuruan ini. 
 
Hasil beberapa lembaga survey terkait perilaku pemilih dan elektabilitas parpol, lanjut Gus Sadad, Partai Gerindra juga banyak disukai kalangan anak muda dan generasi milenial. 
 
"Ini artinya Partai Gerindra adalah partai masa depan yang diharapkan menjadi lebih besar oleh kalangan anak muda. Karena itu potensi anak muda tidak boleh menjadi beban tapi harus diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin masa depan," katanya.
 
Ia bahkan secara rutin keliling dari satu kampus ke kampus lain di Jatim hanya untuk diskusi dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa supaya tidak alergi dengan dunia politik dan masuk ke partai politik. 
 
"Resoursis talenta muda yang berkualitas dan dibutuhkan partai politik itu ada di kampus-kampus. Makanya kita harus proaktif mencarinya dan dididik menjadi calon-calon pemimpin masa depan," beber Gus Sadad. 
 
"Ingat calon pemimpin yang baik itu harus disiapkan sejak dini. HOS Cokroaminoto itu menyiapkan Bung Karno sebagai pemimpin nasional sejak usia muda. Partai politik jika konsisten dengan fungsi mendidik calon-calon pemimpin, saya optimis ke depan Jawa Timur dan Indonesia akan semakin maju dan sejahtera," pungkas Anwar Sadad.