single
Bondowoso Perlu Dukungan Pemerintah Daerah

Suara Indrapura : Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi. Untuk konsumsi air minum menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini.

Walaupun air meliputi 70% permukaan bumi dengan jumlah kira-kira 1,4 ribu juta kilometer kubik, namun hanya sebagian kecil saja dari jumlah ini yang dapat benar-benar dimanfaatkan, yaitu kira-kira hanya 0,003%. Sebagian besar air, kira-kira 97%, ada dalam samudera atau laut, dan kadar garamnya terlalu tinggi untuk kebanyakan keperluan. Dari 3% sisanya yang ada, hampir semuanya, kira-kira 87 persennya,tersimpan dalam lapisan kutub atau sangat dalam di bawah tanah.

Drs. H. Akik Zaman, M.Pd.I  mengatakan bahwa permasalah penyediaan air bersih yang memenuhi syarat kesehatan tidak hanya dialami oleh masyarakat umum saja, akan tetapi juga dialami oleh masyarakat industri, baik industri kecil, menengah maupun besar yang bergerak dalam bidang industri proses, khususnya proses pengolahan bahan makanan dan minuman serta proses yang berhubungan dengan senyawa kimia. Masalah air bersih yang kurang memenuhi syarat tersebut akan sangat berpengaruh terhadap masyarakat setempat.

Selain permasalahan penyediaan air bersih, permasalah air limbah juga menjadi hal yang cukup serius dikalangan masyarakat. Untuk industri besar permasalahan limbah cair mungkin dapat diatasi oleh pihak industri itu sendiri karena mempunyai modal yang cukup, akan tetapi bagi industri kecil dan menengah yang jumlahnya cukup banyak, masalah tersebut belum tersentuh sama sekali. Sehingga limbah cair terbuang yang tidak melalui proses pengolahan terlebih dahulu dapat menyebabkan masalah pencemaran lingkungan yang mungkin dapat mengganggu penyediaan sumber air bersih. Katanya

Untuk itu pemerintah daerah perlu memperhatikan program air bersih pada masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan. Seperti kebutuhan  masyarakat desa Pancursari, Benculuk dan Cluring. Daerah pegunungan ini sebenarnya memiliki sumber air bersih yang bagus, tetapi belum memiliki pipa-pipa untuk menyalurkan ke rumah-rumah. Sebenarnya pemerintah daerah peka terhadap kebutuhan tersebut. Program pipanisasi secepatnya harus direalisasi. Kata Akik