single
Dewan : Infrastruktur Percepat Perbaikan Ekonomi

Suara Indrapura : Untuk membantu Pemerintah Daerah dalam rangka pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan, maka Pemerintah Pusat memberikan bantuan pembiayaan yang diberikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Infrastruktur ataupun Dana Alokasi Khusus Non Dana Reboisasi Bidang Infrastruktur. Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan jenis transfer dana perimbangan dari pemerintah pusat kepada daerah yang bersifat specific grant (bantuan spesifik). DAK bidang Infrastruktur ataupun DAK Non Reboisasi bidang Infrastruktur ini, Anggota Komisi B Titik Indrawati, SH. Vokal mengatakan pembangunan jalan yang berjarak sekitar 15 kilometer dengan lebar jalan 5 meter itu berasal dari APBN. Jalan yang sebelumnya berjenis jalan makadam itu disulap menjadi jalan berhotmix. katanya

"Pembangunan ini juga didukung adanya sebuah dermaga dan tempat parkir seluas 6.000 meter persegi," katanya.  Setelah dibangun dan diresmikan, proyek pembangunan jalan tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Termasuk pulau buatan dari endapan lumpur seluas 83 hektar yang saat tengah dikerjakan.

"Selain pembangunan jalan, ada juga pulau buatan yang seluas 83 hektar yang saat ini sedang dihijaukan. Jika sudah siap, maka kita serahkan juga kepada pemerintah daerah. Mau diapakan, terserah pemerintah daerah," katanya.

Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan pembangunan jalan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui kegiatan uasahanya. "Jangan sampai terjadi rawan kecelakaan, terutama penambangan hasil pasir di sungai Porong," pintanya.

Seperti akses jalan menuju kawasan terpencil, yakni Dusun Tlocor Desa Kedung Pandan Kecamatan Jabon, mulai dioperasionalkan, Kamis kemarin. Itu setelah Bupati Sidoarjo Saiful Illah, SH, MHum meresmikan jalan inspeksi menuju kawasan setempat yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Desa Dukuh Sari Kecamatan Jabon.

Pembangunan jalan menuju Dusun Tlocor Desa Kedung Pandan Kecamatan Jabon itu merupakan jalan untuk inspeksi sungai Porong (sebelah selatan). Pembangunan tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi potensi perkembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah setempat.

"Ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur jalan yang representatif," kata Suparman Warga setempat. (Aries)