single
DPRD Jatim Berharap Kepala Daerah Baru Mampu Tingkatkan IPM

Seiring dengan tuntasnya pelantikan dan serah terima jabatan 17 Bupati/Walikota di Jatim hasil Pilkada serentak 2020, DPRD Jatim menitipkan beberapa harapan besar supaya mampu menjadikan daerahnya dan juga Jawa Timur menjadi lebih baik lagi.

Anggota Komisi A DPRD Jatim, Muzamil Syafi’i menandaskan bahwa pada prinsipnya para kepala daerah ini harus merealisasikan semua visi misi yang telah disampaikan. Selain itu, mereka juga harus mampu mensingkronkan program daerah dengan provinsi atau program provinsi diimplementasikan sesuai dengan arifan lokal masing masing daerah.

“Ini untuk mempercepat realisasi target gubernur, nah itu harus singkron. Karena kita di provinsi mensingkronkan dengan RPJM Nasional dan RPJMD disesuaikan dengan nasional. Makanya untuk merealisasikan program itu harus singkron sehingga tidak terpotong potong,” tandasnya, Rabu (10/3/2021).

Dia juga menekankan supaya kepala daerah supaya mampu meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM). Pasalnya IPM Jatim masih kalah dengan Jawa Tengah, meski tahun ini IPM Jatim tertinggi nasional tapi masih terendah.

Terkait dengan upaya peningkatan IPM ini, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan angka kemiskinan. Sebab hampir di seluruh daerah di Jatim masih ada warga di bawah kemiskininan. “termasuk Madura, itu empat empatnya. Kemudian ada Probolinggo, ada Bondowoso dan sebagainya itu,” katanya politisi Partai Nasdem ini.

Dia juga menandaskan bahwa kemiskinan ini berjalan seiring dengan tingkat kebodohan. Untuk itu, lanjut Muzamil, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di masing-masing daerah.

“Dan ketiga, harus punya inovasi untuk memajukan perekonomian di daerah. Saya kira tiga hal ini yang menjadi pemicu dari seluruh persoalan yang ada di Jatim, sehingga IPM kita itu bisa nyalip ke daerah daerah lain,” pungkasnya.

Harapan yang sama juga diungkapkan Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Subagyo. Dia meminta pada semua kepala daerah yang telah dilantik untuk merealisasikan semua visi misi seperti yang disampaikan. “Intinya itu, jadi semua visi misi harus direalisasikan,” tandasnya.