single
Dusun Krajan, Ranuyoso Dambakan Jalan Aspal

Suara Indrapura: Keberadaan jalan dengan kondisi yang memadai di dusunnya, dirasakan warga masyarakat dusun Krajan Kecamatan Ranuyoso, Probolinggo sebagai sebuah prioritas yang sangat mendesak.  Pasalnya, selain sebagai urat nadi ekonomi warga,  jalan pun dapat meningkatkan aksesibilitasnya. 

Kepala Dusun Krajan, Seneman mengatakan, sebagian besar desa di Ranuyoso memiliki sarana jalan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.  Bahkan, beberapa diantaranya berada dalam kondisi yang rusak parah dan tidak bisa dilalui, katanya.

Dirinya menambahkan, rusaknya jalan lingkar SMP Ranuyoso yang cukup parah. Jalan ini merupakan satu-satunya jalan terdekat yang digunakan murid-murid SMP Ranuyoso untuk mencapai sekolahnya. “Jalan desa merupakan jalan umum yang menghubungkan kawasan dan atau antar permukiman di dalam desa, serta jalan lingkungan”, katanya.  

Pada dasarnya, terdapat dua alasan mengapa pengadaan dan rehabilitasi jalan ini banyak dijadikan prioritas oleh masyarakat Dusun Krajan.  Pertama, jalan dengan kondisi yang baik memudahkan aksesibilitas warga ke pusat-pusat kegiatan ekonomi dan pemerintahan di sekitarnya, khususnya ibu kota kecamatan.  Kedua, dengan adanya fasilitas jalan yang baik, warga dapat menjalankan mobilitas sehari-harinya yang semakin meningkat dan memberikan manfaat pada siswa SMP Ranuyoso.  Hal tersebut dapat mempermudah proses perekonomian dan memperkuat eksistensi warga dusun krajan, tambahnya.

Dusun Krajan yang berjarak sekitar 20 km dari  kecamatan, relatif terisolir karena kondisi jalan yang rusak parah.  Menurutnya, hal itu membuat warga harus mengeluarkan dana lebih banyak jika hendak bepergian keluar desa.  “Selain itu, harga barang-barang kebutuhan menjadi lebih mahal karena ongkos transportasi naik.  Banyak ojek atau kendaraan yang enggan ke Krajan kalau harganya tidak ditambah, katanya saat audiensi dengan Anggota Dewan (Rabu 8/12).

Anggota DPRD Jawa Timur, Hery Prasetyo saat jarring aspirasi di Dapil IV (Kabupaten Lumajang, Jember) mengatakan bahwa semua usulan warga Dusun Krajan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk segera memperbaiki dan membuat jalan aspal sepanjang 20 km secara bertahap.  Jalan itu akan membebaskannya dari keterisoliran. Anggaran akan dikawal setelah diusulkan untuk Perubahan Anggaran 2011, mengingat APBD 2011 sudah disahkan.