single
Hikmah : Nabi Muhammad Minta Hargai Anak Muda
Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mengatakan, Nabi Muhammmad SAW sebagai pemimpin memberi kepercayaan dan peran besar pada para pemuda. Baik di masa Makkah maupun Madinah.
 
"Sebut saja Sayyida Ali bin Abi Thalib RA, Arqam bin Abi Arqam, Zaib bin Tsabit, Zaid bin Haritsah, Thalhah bin Ubaidillah dan lainnya. Mereka tak sekedar pengikut pasif, tapi ditempatkan pada posisi strategis sesuai dengan keahliannya," ujar wakil ketua komisi E ini dengan penuh semangat .
 
"Maka bila hendak beruswah pada beliau Rasulullah SAW, hargai anak muda. Beri mereka ruang yang seluas-luasnya untuk berkiprah," sambung Hikmah.
 
Nah, sehubungan dengan Hari Pemuda tanggal 28 Oktober kemarin yang berdekatan dengan  Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini Kamis (5/11/2020), kata Hikmah, keteladanan Rosullullah terkait dengan gerakan anak muda sekarang adalah kerja keras dan keberanian Rosul melakukan perubahan sekalipun berhadapan dengan raksasa kekuasaan (dalam konteks sejarah Nabi SAW kafir Quraisy misalnya).
 
"Tetap rendah hati dan menyamankan. Hingga ada balances antara idealita yang diperjuangkan dengan sikap dan perilaku," lanjutnya.
 
"Anak muda dengan himmah seperti di atas," kata Hikmah "Bergerak hidup dan menghidupi tanpa berharap fasilitas. Tokoh pemuda penggerak ini akan menjadi positif deviance yang luar biasa dalam membangun perubahan," pungkas Hikmah.