single
Infrastruktur Indikator Utama Meningkatnya PAD

Suara Indrapura : Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pendapatan Daerah merupakan kebijakan umum pengelolaan Pendapatan Daerah. Intensifikasi serta pembangunan infrastruktur merupakan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah bertujuan untuk meningkatkan  penerimaan pendapatan daerah yang berasal dari obyek-obyek pendapatan yang ada.

Ketua Komisi B Drs. Agus Dono Wibawanto, M.Hum mengatakan salah satu faktor/indikator penentu keberhasilan pembangunan khususnya keberhasilan pencapaian PAD dari Sektor Pariwisata adalah tersedia sarana dan prasarana fisik yang layak dan memadai.  Saat ini akses perjalanan dari Surabaya menuju ke Malang atau sebaliknya sering tidak lancar dan tidak senyaman dahulu,  meskipun terganjal masalah “bencana alam” namun seharusnya Pemerintah sigap dan tanggap terhadap solusi penyelesaiannya, jalur jalur alternatif seharusnya telah dijabarkan dan diaplikasikan tak terkecuali pembangunan jalan Tol Surabaya - Gempol – Malang yang sangat vital keberadaannya, ketidaknyamanan juga dirasakan saat melalui ruas-ruas jalur wisata ke Kota Batu dan Jalan Provinsi yang melingkar di Kota Batu selain jumlah jalan yang masih kurang juga kondisi jalan yang masih sempit dan berlobang padahal volume kendaraan terus meningkat khususnya disetiap akhir pekan dan pada hari -hari libur nasional. Katanya

Adus Dono sangat mengharapkan agar realisasi pembangunan Jalan Tol maupun jalur-jalur vital lainnya baik di Kab/Kota Malang dan Kota Batu dapat segera terwujud meskipun terhadap hambatan dari segi pembebasan lahan, apabila berlarut-larut akan mempersulit Investasi pembangunan jalan Tol itu sendiri dan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pada dunia usaha.

Sebagai pertimbangan Agus juga menawarkan agar nantinya kepemilikan saham dapat ditawarkan kepada masyarakat dan kepada Pemda Prov/Kab/Kota setempat , hal senada juga terjadi pada Tata Ruang dan Jalan – jalan Protokol di Kota Malang salah satunya jalur Dinoyo yang sangat memerlukan akses Ring Road karena sudah sangat overload dan semrawut sehingga berdampak terhadap kemacetan di sana sini, Agus berharap perlunya melakukan study banding ke Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta yang telah berhasil menata ruas-ruas jalan alternatif ditengah-tengah kota . katanya

Pada arah perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kota Malang kondisi kemacetan juga sangat parah akibat sempitnya ruas jalan dan meledaknya volume kendaraannya diharapkan perlunya segera dibangun Jalan Lingkar yang menghubungkan antara Kabupaten Malang dan Kota Malang. Ruas jalan Tol jalur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang sampai dengan Kecamatan Kepanjen Kota Malang juga dirasakan mendesak untuk dilebarkan ruas jalannya khususnya menjelang setiap akhir pekan sebagai pintu masuk menuju ke Kab/Kota Malang . Preservasi Jalan yang berlubang dan retak-retak juga mewarnai di jalur-jalur utama jalan Provinsi dan Jalan Kabupaten antara lain Jalan-jalan di Kec. Karang Ploso perbatasan dengan Kota Batu, Jalur alternatif Canggar dari Kota Mojokerto menuju Kota Batu.

Semakin berkurangnya lahan terbuka hijau yang disebabkan oleh semakin maraknya pembagunan Ruko dan Mall yang tidak terencana dengan baik dan jelas-jelas melanggar Sistem Ekologis dan berubah fungsi,

Agus Dono berharap kepada Pemerintah Provinsi dan Kota Malang agar Perijinan Ruko dan Mall lebih diperketat dan perlu adanya pembenahan dan perbaikan penataan tata ruang di Kota Malang serta aturan Pengalihan Fungsi lahan-lahan yang bersifat Produktif sehingga ruang terbuka hijau dapat dipertahankan sesuai dengan fungsinya karena sangat berdampak pada meningkatnya suhu (tidak sehat dan tidak sejuk lagi) di kota Malang(Global Warming) .Dapil V menyarankan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan , peduli terhadap Sampah , berhemat dalam penggunaan air, menggunakan bahan bakar ramah lingkungan dan memanfaatkan energi matahari. Katanya