single
Kembangkan Pendidikan Informal

Suara Indrapura : Juru Bicara Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Jatim Ali Mu’thi SE ME.I mengatakan selama periode 2007-2011 angka IPM di Jawa Timur secara umum menunjukkan kenaikan. Perkembangan IPM yang positif ini perlu diberikan apresiasi yang positif. Karena kinerja IPM yang positif akan sekaligus mencerminkan adanya kinerja positif juga pada sektor pelayanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat (daya beli).

Namun demikian ada hal penting yang perlu dicermati, katanya, terutama terkait dengan kinerja pelayanan pendidikan. Kinerja pelayanan pendidikan selama ini, ada kecenderungan masih terbatas dan terfokus pada layanan pendidikan di sektor formal dan pada kelompok usia sekolah saja. Pada hal angka partisipasi sekolah ini belum akan membawa dampak langsung bagi perbaikan kesejahteraan ekonomi madyarakat.

Hal penting dan strategis yang perlu diperhatikan ke depan, Ali menuturkan, Pemprov perlu mengembangkan program-program pendidikan informal yang secara spesifik yang ditujukan untuk mendukung terjadinya transfer ilmu dan teknologi kepada kalangan masyarakat mayoritas yang berada di sektor pertanian, hingga kelompok ini benar-benar mampu mandiri dalam arti yang sesunguhnya.

“Perlu kami tegaskan, dibalik angka kuantitatif kinerja keuangan dan pembangunan yang positif tersebut, masih banyak hal yang mengundang munculnya pertanyaan terkait perkembangan kuantitatif yang belum sepenuhnya diikuti dengan perkembangan kualitatif yang juga positif dan sebanding,” ujarnya.

Artinya, kata Ali, pertumbuhan ekonomi yang positif itu ternyata masih belum diikuti perkembangan kualitatif yang positif dan sebanding pada kinerja perkembangan kehidupan sektor ekonomi pertanian yang justru menjadi sandaran hidup bagi mayoritas masyarakat Jawa Timur sehingga visi dan target Memakmurkan Wong Cilik masih cenderung belum menunjukkan perkembangan kinerja yang positif dan sebanding dengan kinerja pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

Demi memperkuat komitmen mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan sasaran wong cilik, Ali menegaskan, Fraksi PAN meminta LKPJ dilengkapi penyajian data kongkrit terhadap dampak dari seluruh program dan anggaran yang telah digerojokkan untuk mendukung pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. (Aris)