single
Ketua DPRD Jatim dan Bupati Probolinggo Berdampingan Tonton Rukun Budaya di Kalisalam

Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi dan Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko menikmati pagelaran ketoprak atau rukun budaya di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Selasa 30 Agustus 2022.

Kusnadi dan Timbul Prihanjoko menikmati kesenian ketoprak di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo ini, didampingi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Probolinggo, Edy Susanto; dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Didik Irfan.

Selain itu, serta sejumlah pejabat forkompimcam Kecamatan Dringu dan para kepala desa dan aparatur pemerintah setempat.

Pagelaran berlangsung semarak dan menjadi hiburan tersendiri bagi warga. Apalagi 2 tahun terakhir tidak ada pertunjukan yang melibatkan massa karena pandemi Covid-19.

Kusnadi menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo khususnya Desa Kalisalam. Sebab, masih antusias melestarikan seni budaya ketoprak.

Selain itu, budaya ketoprak itu warga setempat menyebutnya rukun budaya, yang kini jarang ditemui di berbagai daerah.

“Patut kita apresiasi, warga Kabupaten Probolinggo khususnya di Desa Kalisalam ini masih menjaga tradisi seni budaya ketoprak. Tentu, ini harus kita jaga dan kita lestarikan kepada generasi penerus bangsa,” jelas Kusnadi.

Tak hanya itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini bersyukur karena banyak anak muda yang turut andil dalam berkesenian ketoprak. Khususnya, pemain gamelan yang didominasi oleh anak-anak muda.

Dalam kesempatan itu, Kusnadi juga menyempatkan berbagi bersama anak yatim piatu.

Hal itu ia lakukan, juga bagian dari bentuk rasa syukur termasuk dalam momentum HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara itu, Wabup Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan, upaya menjaga tradisi baik seni dan budaya harus terus dilakukan.

Ia pun menyampaikan dukungannya atas upaya-upaya pelestarian kesenian tradisional yang dilakukan masyarakat .

“Ini menjadi momentum untuk seterusnya agar seni, budaya dan tradisional dilestarikan dan dilakukan oleh warga Kabupaten Probolinggo termasuk anak-anak muda. Saya atas nama Pemkab Probolinggo akan terus men-support,” tegasnya.