single
Komisi A DPRD Jatim Berharap Assessment Sekdaprov Hasilkan Sosok Berkompeten

Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur optimistis assessment terhadap calon Sekdaprov Jatim akan menghasilkan sosok yang berkompeten. Terlebih lagi, hasil dari assessment ini akan melalui proses berikutnya yakni Tim Penilaian Akhir (TPA) yang diketuai oleh Wapres RI, Ma’ruf Amin.

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Subagio, mengharapkan assement nantinya menghasilkan sosok yang paling bagus. Tak cukup bagus, sosok tersebut juga cocok dengan DPRD maupun Gubernur Jatim. Menurutnya, yang terpenting nantinya Sekdaprov terpilih mampu memikul tugas sebagai sekretaris Jatim. Terlebih lagi, Jatim merupakan provinsi yang selalu diunggulkan di mata pejabat pusat.

Untuk itu, politisi Partai Golkar ini mendukung dan memonitor proses seleksi calon Sekdaprov. Tak hanya itu, dia juga sudah melihat track record seluruh bakal sekdaprov hingga prosedur seleksi. Terlebih lagi, menurutnya, panitia seleksi diisi orang-orang berkompeten.

“Panitia seleksi melibatkan institusi seperti Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan akademisi Prof M Nuh, dan BKD. Kami percaya penuh karena sesuai dengan mekanisme dan standar kompetensi yang bisa diandalkan dan dipercaya,” terang Istu, Selasa (29/3/2022).

Politisi yang juga mantan Pangdam Bukit Barisan ini mengaku memonitor dari tahapan demi tahapan seleksi sekda. Mulai dari dari seleksi administrasi, assesment, tes wawancara, kompetensi, hingga akademik dan psikologi.

Sementara itu, Pakar politik Unesa, Dr. Moch Mubarok Muharam, dalam penataan sekdaprov Jatim juga mempertimbangkan usulan dari penerintah pusat, dan jajaran DPRD Jawa Timur. “Kami mengapresisi timsel yang menyelesaikan tugasnya sesuai jadwal,” terang Mubarok.

Dia juga menyinggung, seharusnya sosok Sekdaprov memiliki kualitas ideal yang sudah disepakati gubernur. Bahkan dia menilai usulan tiga nama tidak akan bisa lepas dari kreteria gubernur. Menurutnya, Sekda juga harus memahami dimamika politik, kultur masyarakat, ormas, stakeholder, tomas, dan manajerial teknis di lingkungan Pemprov Jatim. Dan, yang tak kalah pentingnya adalah mampu mengayomi ASN di bawah kendalinya.

Untuk diketahui tujuh pelamar dinyatakan lolos dan telah diumumkan pansel melalui surat Nomor 800/2068/Pansel-JPTM/2022 tertanggal 25 Maret 2022 tentang Hasil Seleksi Assesment Pengisian JPT madya Sekdaprov Jatim.

Mereka adalah Adhi Karyono, Bobby Soemiarsono, Indah Wahyuni, Jumadi, Mohammad Yasin, Mokhammad Sodiq Triwidiyanto, dan Nurkholis. Ketujuh nama calon Sekdaprov Jatim itu mengikuti tahapan penulisan makalah atau policy brief pada 28 Maret 2022. Selanjutnya tes wawancara bersama tim pansel pada 30 Maret 2022.