single
Komisi B Berharap Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Kaum Pinggiran

Suara Indrapura : Masyarakat pedesaan yang berpengguni disekitar hutan memiliki ketergantungan yang sangat besar dengan keberadaan hutan disekitarnya. Pemanfaatan hutan dan hasil hutan untuk masyarakat dilakukan secara tradisional demi memenuhi kebutuhan hidup sehari–hari.

Anggota Komisi B Ir. H. Artono saat dihubungi reporter mengatakan bahwa masih banyak ditemukan masyarakat pinggiran hutan yang hidupnya serba pas-pasan. Kondisi ini sepertinya tidak akan mampu  mengalami pergeseran seiring semakin terdesaknya masyarakat disekitar hutan. Akibat dari semakin sedikitnya hutan yang dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan masyarakat. Kondisi ini dapat digambarkan dengan tingginya peralihan hak–hak atas tanah melalui ekspansi HPH, Perkebunan, HTI. Serta pengalihan fungsi lahan dari bentuk hutan kerakyatan yang berdasarkan hukum adat atau hutan produksi berubah menjadi hutan lindung atau kawasan konservasi.

Ir. H. Artono terus melakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas tanaman dan pertanian. Salah satu kegiatan nyata adalah diberikannya bantuan bibit kakao oleh masyarakat Jember yang tempat tinggalnya dipinggir hutan.

Dirinya berharap lima tahun kedepan jika kakao berhasil dirinya optimis akan mendapat tambahan penghasilan selain bertani dan beternak. Kita tidak dapat merubah status masyarakat jika tidak mau member atau berbuat sesuatu katanya. (Heriyanto)