single
Malang Pilot Project KKTN BNPT, Siadi : Dukung Pemberdayaan Napiter

Anggota Komisi A DPRD Jatim Siadi mengatakan pihaknya mendukung penuh program Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN) yang digulirkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Salah satunya menjadikan kabupaten Malang sebagai pilot project.

Dikatakan politisi Partai Golkar ini, program KKTN akan membawa dampak positif karena bertujuan untuk memberdayakan kelompok rentan terpengaruh paham terorisme atau radikalisme serta mantan narapidana teroris (napiter). Sehingga, diharapkan kelompok ini memiliki skill untuk memulai usaha baik di bidang pertanian, wisata atau UMKM.

 

“Program ini sangat baik karena seringkali kelompok-kelompok tersebut kesulitan mendapatkan peluang usaha atau pekerjaan. Belum lagi lingkungan sekitar yang cenderung kurang akomodatif  menerima mereka kembali pasca menjalani hukuman dan sebagainya,” katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (19/11/2021).

Mantan pimpinan DPRD kabupaten Malang ini mengatakan dii Kabupaten Malang, BNPT menggandeng Perhutani melalui MoU sinergitas pencegahan tindak pidana terorisme melalui kerjasama pemanfaatan hutan yakni di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang dan Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

 

“ Tentunya saya berharap keberhasilan KKTN di di Duwet Krajan Malang bisa turut mendukung pengembangan kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS),”jelasnya.

 

Sebagai informasi, Program KKTN ini digulirkan di 5 provinsi di Indonesia dengan total 26 kab/kota, yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB dan Sulawesi Tengah. Sementara yang menjadi pilot project program KKTN ini yakni Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Kota Bima NTB, dan Kabupaten Malang Jatim.