single
Masyarakat Berharap Petani Tingkatkan Produktifitas

Suara Indrapura : Sistem Agribisnis di jawa Timur masih menerapkan sistem terpisah, saling berdiri sendiri, sehingga sering menimbulkan ketidakseimbangan pada proses distribusi produk-produknya. Mulai dari masalah pengembangan produk agribisnis yang tidak terpusat, distribusi produk yang belum optimal hingga harga produk yang fluktuatif.

Pokok permasalahan yang terjadi lebih banyak disebabkan oleh ketidak seimbangan informasi antara petani dengan penyalur atau dengan pasar, sehingga sering terjadi kesalahan pada pemilihan jenis tanaman atau jumlah tanaman.

Pada akhirnya di satu pasar dibanjiri produk yang sama, sementara di pasar lain justru kekurangan. Kurangnya koordinasi antara petani sebagai pemain dengan pemerintah sebagai pengatur, banyak menimbulkan kebingungan bagi petani. Pasokan alat-alat dan bibit pertanian, distribusi hasil pertanian yang tidak tepat, juga merupakan masalah yang sering menimpa para petani, sehingga waktu penanaman dan kualitas produk terganggu. Belum lagi masalah pengolahan lahan yang masih banyak menggunakan alat tradisional. Masalah ini disebabkan rendahnya pemerintah merespon kebutuhan petani, padahal jika kita lihat secara monografi Jawa Timur. Maka dapat diketahui secara detail lahan produktif pertanian sampai pada matapencaharian masyarakat.

Masyarakat berharap program-program sebelumnya yang berhasil mengawali tumbuhnya kelompok – kelompok tani, kelompok peternak dan kelompok usaha bersama perlu ditingkatkan sedemikian rupa agar bisa mengejar ketertinggalan ‘treatment’ pada permasalahan warga miskin dan pengangguran.

H. Kuswanto, SH MHum mengatakan secara spesifik gagasan tersebut dapat diimplementasikan dengan program-program yang mensupport kesiapan tenaga kerja informal serta menstimulasi tumbuhnya kewirausahaan yang mandiri.

Untuk meningkatkan produktifitas petani, masyarakat petani berharap adanya pengadaan hand tractor untuk Gapoktan Desa Jaapanan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan penggemukan sapi KUB Sukses Makmur Desa Pagerwojo Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan KUB Sumber Makmur Desa Mojodanu Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan Kambing KUB Tulus Sejahtera Desa Banjasari Kecamatan bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan Kambing KUB Barokah Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan ikan lele KUB Sinar Perdana Desa Genenganjasem Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan Kambing KUB Sumber Rejeki DesaNgusikan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan Kambing KUB IMZAR Desa Sumberejo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan Kambing KUB Tani Makmur Desa Tondowulan Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, Pengembangan peternakan Domba Kelompok Tani Argtomulyo Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, Pengembangan tanaman Porang Kelompok Tani Rizki Abadi Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten madiun. Katanya