single
PAW F-PKB DPRD Jatim, Siti Mukiyarti Gantikan Kiai Kusni

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menetapkan Siti Mukiyarti sebagai calon pengganti KH. Kusni Muhammad Husni, anggota Fraksi PKB DPRD Jatim yang tutup usia pada 26 Januari 2021. Siti Mukiyarti adalah Sekretaris Muslimat NU Kabupaten Trenggalek. Ia Caleg PKB dari daerah pemilihan (Dapil) Jatim IX dengan perolehan suara ketiga, setingkat di bawah almarhum Kiai Kusni.

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah membenarkan PKB telah menetapkan Siti Mukiyarti sebagai pengganti antar waktu (PAW) Kiai Kusni. Wakil Ketua DPRD Jatim ini menambahkan, saat ini prosesnya sudah di Kementerian Dalam Negeri.

"Siti Mukiyarti, Sekretaris PC Muslimat NU Trenggalek yang menggantikan almarhum Yai Husni. Prosesnya sudah di Mendagri. Tinggal menunggu SK Mendagri," tutur Anik yang juga merupakan Penasehat Fraksi PKB saat dikonfirmasi, Kamis (8/4/2021).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam mengungkapkan pihaknya telah memproses PAW Kiai Kusni yang meninggal dunia dengan pengganti Siti Mukiyarti. Suratnya pun sudah diserahkan ke Sekretaris DPRD Jatim pada 22 Februari 2021.

Anam menambahkan, surat KPU Jatim dengan Nomor 160/537/050/2021 itu mencantumkan nama Hj. Siti Mukiyarti, S.AGM.AG sebagai pengganti KH. Kusni. Politikus perempuan PKB itu caleg nomor urut 3 dengan perolehan suara 18.955.

"Surat permohonan PAW untuk Kiai Kusni sudah kita proses dan serahkan ke DPRD Jatim. Penggantinya atas nama Siti Mukiyarti," ujar Anam.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2019, PKB mendapatkan dua kursi di Dapil Jatim IX untuk DPRD Jatim. Dapil Jatim IX meliputi Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Pacitan dan Ngawi. Kader PKB yang lolos ke DPRD Jatim dari dapil ini adalah Kholiq dan KH. Kusni.

Kholiq adalah Ketua DPC PKB Kabupaten Trenggalek. Ia juga mantan Wakil Bupati Trenggalek dua periode. Sementara Kiai Kusni adalah politisi senior PKB, ia terpilih untuk kedua kalinya di DPRD Jatim. Mantan Ketua PCNU Kabupaten Trenggalek itu meninggal dunia pada usia 76 tahun, karena sakit.