single
Pembangunan Frontage Road Aloha-Gedangan Segera Dimulai, Ini Kata Wakil DPRD Jatim

Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah menyambut baik, akan dimulainya rencana pembangunan frontage road dari Aloha - Gedangan, di Sidoarjo sepanjang 1300 meter, pada Agustus 2021 mendatang.

Dikatakan, ini adalah progres luar biasa yang patut di contoh oleh kepala daerah lainnya.

Rencana proyek tersebut, tertuang dalam Perpres Nomor 80 tahun 2019. Masuk anggaran pusat diantara 205 Mega Proyek Nasional.

"Alhamdulillah, yang saya dengar Agustus ini sudah dimulai. Ini progres luar biasa yang perlu di contoh kepala daerah lain," kata Anik Maslachah, Kamis (10/6/2021).

Ditambahkan, pembangunannya tidak hanya menjadi tanggung jawab kabupaten (Sidoarjo), karena kategori jalan nasional, tentu harus ada shering pembiayaan antara Kabupaten Sidoarjo, Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat.

"Harus ada shering anggaran, antara kabupaten, pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Pusat. Sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2019. Diantara 205 Mega Proyek yang ada, itu salah satunya frontage road di Sidoarjo," terang Ketua Fraksi PKB Jatim itu.

Anik berharap, nantinya jalan tersebut terkonek dengan Tol Waru, agar lebih maksimal mengurai kepadatan.

Pemkab Sidoarjo Siapkan Rp 57 Miliar

Terkait rencana pembangunan frontage road sepanjang 1300 meter, dari Aloha sampai Gedangan itu. Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA) Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan Pemkab Sidoarjo menyiapkan anggaran, sebesar Rp 57 miliar.

Diharapkan, keberadaan jalan nasional itu bisa mengurai kemacetan di wilayah Sidoarjo, yang targetnya tuntas Desember tahun ini. Persiapan pembangunannya, dilakukan bersamaan dengan proses pembebasan bangunan di lahan yang dibeli dari warga, sebanyak 148 persil.