single
Pemerintah Mampu Penuhi Target

Suara Indrapura : Juru Bicara Fraksi Hanura Damai DPRD Provinsi Jatim, Ir.M. Syamsul Arifin mengatakan, selama periode 2007-2011 angka IPM di Jawa Timur secara umum menunjukkan kenaikkan. “Melihat kenaikan ini, Kami sambut dengan penuh sukacita, karena pemerintah mampu memenuhi target yang telah ditetapkan. Indikator ini seharusnya menjadi muara dari semua pencapaian pembangunan, karena pembangunan yang sejati adalah pembangunan yang berorientasi pada peningkatan harkat dan martabat manusia,” ujarnya.

Meski begitu, katanya, pencapaian yang positif ini masih perlu terus dikritisi. Selain itu, keraguan pansus juga terjadi dalam indikator keberhasilan bidang pendidikan yang banyak ditangani Dinas Pendidikan Jawa Timur. Dimana diketahui ada angka partisipasi anak usia sekolah yang belum 100 persen. Bahkan untuk partisipasi sekolah usia SLTA (15-18 tahun) hanya berkisar 54,97% saja.

“Ini berarti ada 44,03% remaja di Jatim tidak melanjutkan ke tingkat SLTA. Padahal dana untuk program wajib belajar 12 tahun sudah ada, tapi hampir separuh remaja usia 15 hingga 18 tahun tidak melanjutkan ke jenjang SLTA/SMK,” ujarnya.

Dia menuturkan, jika kenyataan dilapangan itu dibiarkan maka akan berpotensi menimbulkan kerawanan dimasa mendatang dan juga menjadi indikasi keberadaan SLTA atau SMK belum mampu merangsang siswa untuk melanjutkan pendidikan.

Syamsul menuturkan, beberapa masukan terhadap permasalah pendidikan maupun bidang ainnya, masalah (Aris)