single
PNPM Kab. Jember Menuai Hasil

Suara Indrapura : Kabupaten Jember berhasil melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. PNPM kali ini diarahkan pada pengentasan kemiskinan.
H. Hary Prasetyo, S.Pd mengatakan dirinya merasa bersyukur "Alhamdulillah Kabupaten Jember dapat menjadi salah satu pilot project di Jawa Timur dalam penyelenggaraan PNPM secara konsisten. Artinya, dari segi administrasi, pendampingan, hingga BPUB selalu baik dan tepat," kata nya saat mengunjungi wilayah daerah pemilihan di kab Jember.

PNPM Mandiri perdesaan adalah untuk mengentas kemiskinan, sehingga ditentukan dan dilaksanakan sendiri oleh masyarakat, melalui pendampingan. "Jumlah lokasi PNPM perdesaan sudah dilakukan di 26 Kecamatan, 211 Desa dan kesemuanya berjalan baik," kata Sugiarto. Ia berharap konsistensi pelaksanaan PNPM mandiri di Jember terus dipertahankan tiap tahun.

H. Hery mengatakan, kemiskinan merupakan persoalan besar yang dihadapi bangsa ini. "Masih ada harapan apabila kita mempunyai tekad kuat untuk bersama-sama keluar dari belenggu kemiskinan," katanya.Hingga kini program PNPM mandiri yang diluncurkan pemerintah sudah mengalir dan dimanfaatkan masyarakat. Tidak hanya dalam bentuk pembangunan fisik, tapi juga pemberdayaan ekonomi, bakti sosial, pembagian sembako dan lain sebagainya.
Sementara Plt. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Jember, Siswantoro, optimis dengan pelaksanaan PNPM mandiri perdesaan yang diprioritaskan untuk penanggulangan kemiskinan. Bantuan usaha mikro dilaksanakan secara sistematis, terencana dan sinergi. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan dan peluang kerja bagi masyarakat miskin khususnya di pedesaan.

"Secara substansial telah dilakukan perbaikan dan pengembangan. Namun masih diperlukan komitmen dan dukungan yang kuat untuk berpartisipasi mensukseskan program tersebut. Komitmen itu adalah persatuan dan kesatuan persepsi dari semua unsur, baik UPK,  Pak Camat sampai Kepala Desa agar wujud PNPM dapat dinikmati oleh masyarakat Jember," kata Siswantoro.

Plt. Kabag Humas Pemkab Jember, Joko Soponjono berharap, PNPM mandiri untuk pengentasan kemiskinan mampu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat miskin, yakni mengatasi persoalan secara mandiri. (Heriyanto)