single
Politikus NasDem Tutup Usia, Anwar Sadad Berduka

Hampir semua aktivis di Jawa Timur pasti mengenal sosok Nico Ainul Yakin atau biasa disapa Cak Niko. Ia bisa dibilang mentor dari para aktivis di Jawa Timur, tak heran kader-kadernya tersebar di seluruh partai politik. Kini sang mentor itu telah pergi.

Kabar wafatnya politikus NasDem Jawa Timur itu mengagetkan banyak pihak. Apalagi kepergiannya sangat tiba-tiba, tanpa didahului sakit. Anwar Sadad, Wakil Ketua DPRD Jatim pun ikut berduka.

"Kak Yakin adalah senior yang sangat mengayomi kader, junior maupun adik-adiknya. Saya masih ingat, saat masih kuliah sering memanfaatkan rumah Kak Yakin untuk diskusi atau menggunakan komputernya untuk mengerjakan tugas kuliah. Beliau juga menyediakan kopi dan makanan untuk kami adik-adiknya," kenang, Anwar Sadad, Rabu (16/2/2022).

Ketua DPD Partai Gerindra Jatim ini mengakui, banyak pengaruh dari almarhum Nico Ainul Yakin dalam proses perjalanan politiknya. Sebab, almarhum tak sekedar mentor tapi solidarity maker.

Sadad melanjutkan, senioritasnya Ainul Yakin tak terbantahkan. Beliau tak hanya mentor yang jago orator dan agitator. Ainul Yakin juga seorang penulis yang handal, banyak jejak-jejak tulisannya berupa buku bisa kita temui. Karena itu, pemikiran-pemikirannya sangat mempengaruhi aktivis-aktivis di Jawa Timur, termasuk dirinya.

"Hubungan saya dengan Kak Yakin bukan sekedar senior-junior tapi hubungan emosional seperti kakak-adik. Saya masih ingat, beliau hadir saat akad nikah saya. Saya pun mengenal anak-anaknya, salah satunya yang bernama Aam. Semoga ia menjadi anak yang soleh," ujar Sadad.

Mohammad Ashari, rekan separtai Nico Ainul Yakin di NasDem pun merasa terkejut dengan kepergian Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPW Partai NasDem Jatim tersebut.

Ashari yang anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim itu bahkan sempat berkomunikasi lewat telpon dengan Ainul Yakin. Tidak ada tanda-tanda sakit dari Calon Wakil Bupati Nganjuk pada pilkada 2018 itu.

"Tentu saya sangat terkejut, kemarin masih telpon-telponan. Kok sekarang dengar kabar beliau sudah tiada. Beliau orang baik, saya berdoa agar almarhum Nico Ainul Yakin husnul khotimah," pungkas anggota parlemen asal daerah pemilihan Madura tersebut.