single
Rawan Banjir, Dewan Jatim Minta Pemprov Normalisasi sungai Di Blitar Selatan

Perbaikan infrastruktur terutama normalisasi sungai diwilayah Blitar merupakan salah satu upaya agar bisa minimalisir banjir di wilayah tersebut.

“ Saya minta agar Pemprov memperhatikan hal tersebut karena ada beberapa wilayah di Blitar menjadi langganan banjir,”ungkap anggota Komisi D DPRD Jatim Guntur Wahono saat dikonfirmasi dikantornya, senin (22/2/2021).

Politisi asal PDIP ini lalu mencontohkan sejumlah wilayah di Blitar sebagai wilayah langganan banjir antara lain di Sutojayan Blitar Selatan.   “ Ada dua wilayah kelurahan di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar menjadi langganan terendam banjir setelah hujan lebat.Dua kelurahan itu adalah Kelurahan Sutojayan dan Kelurahan Bacem. Ketinggian air di dua wilayah keluraha tersebut antara 30 hingga 60 centimeter,”jelas Guntur.

 

Oleh sebab itu, kata Guntur, khusus untuk diwilayah Sutojayan tersebut, pihaknya berharap Pemprov Jatim membantu untuk mengadakan reboisasi di wilayah tersebut dengan melibatkan warga setempat.

 

“ Kalau diwilayah Sutojayan juga perlu juga normalisasi sungai agar jika terjadi hujan air sungai bisa melaju ke sungai Brantas dan meminimalisir adanya banjir di wilayah tersebut,”jelasnya.

Guntur menambahkan, dengan adanya kolaborasi antara Pemprov Jatim dan masyarakat untuk melakukan reboisasi ke depan pihaknya berharap wilayah-wilayah yang menjadi langganan banjir atau bencana bisa diminimalisir.