single
Ribuan Rumah Di Malang Tak Layak Huni

Suara Indrapura : Sebanyak 121.979 dari 609.898 unit rumah warga di Kabupaten Malang, Jawa Timur tidak layak huni dan sebagian besar berada di wilayah pinggiran wilayah.
Kepala Kantor Perumahan Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Minggu, mengatakan, kriteria rumah tidak layak huni tersebut di antaranya adalah lantainya terbuat dari tanah, dinding rumah tidak permanen, genteng rumah juga tidak terbuat dari tanah (bahan standar) dan bangunannya sudah hampir roboh (reot).

"Rumah tidak layak huni ini menjadi program prioritas Pemkab Malang untuk direnovasi. Pada tahap awal sekitar 700-800 unit rumah yang akan kami robohkan dan selanjutnya dibangun kembali," tegasnya.

Beberapa wilayah yang sebagian besar rumah warganya masuk kategori tak layak huni itu berada di Kecamatan Kasembon, Ngantang, Pujon, Karangploso, Bantur, Tirtoyudo, Ampelgading, Singosari, Donomulyo, Tumpang, Poncokusumo serta Wajak.

Ketua Komisi B Drs. Agus Dono Wibawanto mengatakan kebutuhan  anggaran untuk renovasi ratusan ribu unit rumah tersebut dapat diusulkan melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Nantinya akan mendapat bantuan sesuai diusulkan.

Pemkab selayaknya melakukan renovasi terhadap rumah yang tidak layak huni, dan sebaiknya menyediakan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bagi warga yang belum memiliki rumah sendiri.

Dengan adanya program renovasi dan pembangunan rusunawa ini, katanya, warga yang belum memiliki rumah segera memiliki tempat tinggal yang sesuai standar kelayakan dan sehat. "Paling tidak tiga tahun ke depan di Kabupaten Malang ini sudah tidak ada lagi rumah yang tak layak huni," katanya (Ar)