single
Sekertaris DPRD Jatim, Andik Fajar Andik Fadjar Tjahjono Berhasil Raih Gelar Doktor

Jaringan sosial yang kuat akan membawa keberhasilan dalam sebuah usaha. Jaringan sosial yang kuat juga akan berpengaruh dalam setiap usaha maupun dalam pengembangan usaha yang dilakukan kelompok maupun individu.

Hal ini dikatakan oleh Sekertaris DPRD Jatim Dr. Drs. Andik Fadjar Tjahjono, MSi yang hari ini berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga, dan diwisuda melalui daring oleh Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., M.T., Ak dari Kantor Rektor Universitas Airlangga, Sabtu (26/06/21).

Menurut Andik yang mengikuti prosesi wisuda dari ruang Kerjanya Sekwan DPRD Jatim, jaringan sosial yang kuat akan bermanfaat pula dalam memberikan masukan pemerintahan dalam mengambil sebuah kebijakan.

Seperti Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita, tempat dirinya malakukan desertasi, dengan memanfaatkan jaringan sosial yang dimilik yang terbangung dengan baik, membuat koperasi ini bisa membangun relasi yang baik bagi anggota koperasinya dalam pengembangan usahanya.

“Bahkan koperasi ini bisa menjadi mitra pemerintah. Dengan jaringam sosial yang cukup baik, membuat koperasi ini sering diajak diskusi dalam membuat kebijakan yang akan dan diambil oleh pemerintah terkait pembinaan kepada koperasi lain serta pemberian modal dalam pengembangan koperasi,” ujarnya.

“Dengan jaringan sosial yang kuat koperasi ini bahkan sering di ajak dalam membuat perumusan kebijakan maupun pelaksanaan dari kebijakan pemerintah,” lanjutnya.

Kata Andik, jaringan sosial yang kuat akan membuat seseorang maupun institusi untuk lakukan pengembangan pribadi maupun usaha yang dimilik. “Seperti ketika saya melakukan tugas sebagai sekwan DPRD Jatim, maka jaringan sosial yang saya miliki juga membantu kinerja saya. Karena itu manfatkan jaringa sosial yang ada saat ini untuk aktulisasi diri dan usaha yang dimiliki,” katanya.

Pria yang juga Ketua Alumni FISIP Unair ini, mengatakan pula jaringan sosial yang kuat juga bisa diterapkan pada semua lembaga pemerintahan termasuk di Sekretariat DPRD Jatim. Pada bidang kerjanya di Sekretaris DPRD Jatim, Andik Fadjar Tjahjono mengaku terus berupaya lebih baik dalam pelayanan sosial masyarakat, termasuk anggota dewan “Kami memberikan pelayanan yang lebih baik ketika masyarakat atau anggota dewan memerlukan,” paparnya.

Dalam desertasi yang mengambil judul “Relasi Antara Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita dengan Pemerintah Pada Periode Tahun 2009 – 2019” suatu studi tentang respon suatu sektor usaha terhadap kebijakan publik. Promotornya Prof.Dr. Musta’in, Drs. M.Si, Andik juga mengungkapkan gelar yang diraih ini juga untuk memberikan semangat kepada kaum muda yang ada, di Jatim khususnya, untuk tidak menyerah dalam meraih gelar pendidikan. “Saya yang sudah bukan muda lagi saja mau untuk terus mengejar ilmu sampai meraih gelar Doktor disela kesibukan saya selaku Aparatur Sipil Negara (ASN),” pungkasnya.

Andik Fadjar Tjahjono sendiri dilantik sebagai Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Jatim oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parwansa pada 19 Desember tahun 2019. Dibawah kepemimpinannya, Sekwan DPRD Jatim berhasil mendapatkan banyak penghargaan.

Terakhir penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Jatim dalam bekerjasama dengan Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) BPHN pada 8 Desember 2020.

Dr. Drs. Andik Fadjar Tjahjono, MSi sendiri menyelesalkan Program S-1 nya di Fisip Unair jurusan ilmu politik dan berhasil lulus tahun 1985. Kemudian melanjutkan S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lulus tahun 1996 Magister Administrasi Publik dan kembali lagi ke Unair program S3 dan berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial hari ini, Sabtu (26/06/21).