single
Sumber Alam Melimpah, Masyarakat Tidak Mampu Berbuat

Suara Indrapura : Gas alam sering juga disebut sebagai gas bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH4). Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas bumi dan juga tambang batu bara. Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas.

Di Indonesia, Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Hilir Migas) telah menyusun Master Plan "Sistem Jaringan Induk Transmisi Gas Nasional Terpadu". Dalam waktu yang tidak lama lagi sistem jaringan pipa gas alam akan membentang sambung menyambung.

Anggota Komisi A DPRD Jatim Aselmus Raga Milo, SH.,M.Hum. mengatakan seperti gas alam yang ada di Sidoarjo mohon dapat dialirkan ke rumah warga. Jika tidak bisa memicu kecemburuan sosial. Bagai pepatah, ayam mati di lumbung padi. Masyarakat sekitar sumber gas merasa berhak atas kekayaan alam sekitarnya. Bukan hanya diberi dampak, seperti kasus bencana Lapindo. Seperti kritik Jawa Timuran, ”gak mangan nangkane melu jibrat pulute.”

Karena itu diusulkan agar keinginan Pemerintah Pusat untuk mengalirkan gas ke rumah-rumah penduduk, terutama di sekitar sumber gas, agar direalisasi.

Masalah pelatihan Kerja Kabupaten Sidoarjo telah berkembang beriringan dengan kota Surabaya. Kondisi ini menyebabkan angkatan kerja Sidoarjo juga harus lebih kompetitif. Maka diperlukan berbagai pelatihan ketrampilan, sekaligus sebagai upaya mengurangi jumlah pengangguran. Katanya

Karena itu Pemerintah Provinsi diharapkan memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan kerja, terutama bidang otomotif dan aneka perbengkelan, elektronik serta desain grafis.

Aselmus menambahkan masalah pertanian seperti rendahnya produk rendemen tebu membuat para petani jenuh untuk menanam tebu dan beralih ke tanaman lainnya. Untuk itu masyarakat petani berharap pada dewan agar ”permainan” ini dapat diselesaikan dengan baik jangan jadikan petani sebagai obyek penderita tapi jadikan petani sebagai mitra kerja yang baik. ujarnya

Dibidang peternakan juga mengalami hal serupa, pemerintah menggiatkan kembali peternak binaan, berupa sapi limusin, maupun kambing Otawa. Khusus untuk kecamatan Krembung bisa ditambah dengan ternak bebek dan lele. Katanya (Aris)