single
Tembakau Jember Potensi Tembakau Ekspor

Suara Indrapura : Secara spesifik keberadaan tembakau Di Jawa Timur cukup merata, tetapi secara kualitas memiliki perbedaan yang signifikan. Tembakau Jember merupakan jenis tembakau yang dicari banyak Negara.

Anggota Komisi B Ir. H, Artono usai sosialisasi di Pasuruan (Kamis 24/05) mengatakan negara penghasil cerutu salah satu pilihan bagi tembakau Jember, karena  tembakau Jember sebagai lapisan luar/kulit cerutu. Dipasaran dunia tembakau Jember sangat dikenal di Brehmen, Jerman dan Belanda. Namun para petani masih mengeluh atas anjloknya harga tembakau sehingga panen tiba para petani mengalami kerugian untuk itu mohon Pemerintah Provinsi Jawa Timur memeperhatikan para nasib petani tembakau di wilayah Kabupaten Jember agar mendapatkan suatu peningkatan perekonomian untuk  kesejateraan keluarga mereka. Katanya

Disis lain petani tembakau banyak yang beralih ke nelayan karena harga tembakau seringkali mengalami penurunan harga ketika musim panen tiba. Para tengkulak mempermainkan harga tembakau dengan alasan stok melimpah. Ini yang membuat petani beralih ke sector nelayan. paparnya

Sementara UPDT Perikanan (TPI Puger jember) UP4 Puger ( unit pengelolaan pelabuhan perikanan pantai) UPDT perikanan jatim dipuger jember, Dinas perikanan kabupaten dan provinsi dalam sosialisasinya member harapan sejuk pada nelayan dengan mencarikan investor atau pengelola ikan hasil tangkapan nelayan.

Bidang pertanian seperti Desa Sumber Jati Kec. Silo Kab Jember yang mendapat bantuan pembuatan pupuk organic Alat Pembuatan Pupuk Organik (APPO) berdapmpak positif.

Artono menambahkan dengan bantuan APPO petani lebih semangat untuk mengembangkan produksinya. Dalam peningkatan kemampuan petani muda/petani masa depan  mengenali teknologi usaha tani cukup terbuka, Realita yang terjadi banyak petani atau kelompok tani yang memiliki kemampuan untuk melakukan terobosan inovasi terhadap sector maupun hasil pertanian.

Artono berharap kegiatan ini terus berjalan, pemerintah provinsi terus memberikan alokasi anggaran sector pertanian sehingga dapat disalurkan melalui program bantuan ke kabupaten yang minim anggaran terutama pada sector pertanian, di desa-desa. Paparnya (Aries)